Jumat 04 May 2018 11:18 WIB

Youtube Capai 1,8 Miliar Akun Pengguna

Data pemilik akun belum termasuk jumlah penonton tanpa akun.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Indira Rezkisari
YouTube
Foto: EPA
YouTube

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- CEO Youtube Susan Wojcicki mengatakan, Youtube memiliki 1,8 miliar pengguna terdaftar menonton video di platformnya setiap bulan. Data itu tidak termasuk mereka yang menonton tanpa akun.

Wojcicki mengumumkan capaian itu dalam presentasi Brandcast YouTube kepada pengiklan, bersama dengan beberapa keberhasilan paling penting tahun ini. Seperti pengaturan 41 juta tayangan streaming langsung Beefeon di Coachella dan video musik "Despacito" yang melampaui 5 miliar tayangan bulan lalu.

Youtube sebelumnya mengumumkan bahwa mereka memiliki 1,5 miliar pengguna bulanan yang masuk pada pertengahan tahun 2017. Wojcicki menggunakan acara Brandcast untuk mengatasi sebagian masalah yang dihadapi Youtube, termasuk pertanyaan tentang video anak-anak yang tidak pantas dan teori konspirasi di platform.

Namun, ia mengatakan, ini adalah dampak dari platform terbuka membawa dunia bersama dengan cara yang tidak mungkin dilakukan sebelumnya. Namun, ia juga melihat bahwa keterbukaan merupakan tantangan. Sebab, beberapa orang telah mencoba memanfaatkan layanan Youtube.

''Ini sangat penting bagi saya dan bagi semua orang di Youtube bahwa kami tumbuh secara bertanggung jawab,'' kata Wojcicki, dikutip dari the Verge, Jumat (4/5).

Wojcicki menyebutkan, perubahan seperti opsi Youtube Kids untuk video yang dikurasi manusia dan janji untuk mempekerjakan 10 ribu moderator masih dalam proses. Sebab, tidak ada pedoman bagaimana platform terbuka beroperasi dalam skala Youtube.

''Tapi cara saya berpikir tentang itu adalah sangat penting bahwa kita berada di sisi benar dari sejarah,'' ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement