Rabu 04 Apr 2018 08:10 WIB

Sensor Gigi Ini bisa Pantau Asupan Nutrisi per Hari

Sensor ini juga bisa digunakan untuk memonitor kesehatan gigi.

Rep: Retno Wulandari/ Red: Winda Destiana Putri
Gigi sehat dan senyum cantik
Foto: bostonglobe.com
Gigi sehat dan senyum cantik

REPUBLIKA.CO.ID, Asupan makanan yang tidak terkontrol dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan sebut saja obesitas, diabetes ataupun darah tinggi. Untuk mengantisipasi asupan makanan yang berlebih ini, telah diciptakan sebuah sensor terbaru yang dapat merekam aktivitas makan dan minum setiap harinya.

Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Tufts, sensor yang ditempelkan langsung di permukaan gigi dan terkoneksi dengan ponsel pengguna ini dapat merekam informasi asupan makanan yang dikonsumsi dalam satu hari mulai dari gula, garam, hingga alkohol.

Peneliti di Univeritas Tufts mengatakan sensor ini dapat membantu menjaga asupan nutrisi. Selain itu, sensor ini juga bisa digunakan untuk memonitor kesehatan gigi. Berukuran 2x2mm, penggunaan alat ini cukup membatasi penggunaan alat lain seperti pelindung mulut.

Sensor ini terdiri dari tiga lapisan yang bagian pusatnya terbuat dari plester bioresponsif. Plester yang dapat berubah warna ini berfungsi menyerap nutrisi serta kandungan kimia dari makanan. Dari perubahan warna ini pengguna akan mengetahui intensitas asupan nutrisi yang sudah dikonsumsi dalam sehari.

Sementara itu lapisan terluar terdiri dari dua cincin berbentuk persegi. Lapisan berwarna emas ini bertindak yang sebagai antena atau sensor. Sensor ini akan menghasilkan spektrum dan gelombang radiofrekuensi yang nantinya ditransmisi ke ponsel pengguna.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement