Selasa 03 Apr 2018 17:37 WIB

Jejak Kaki Dinosaurus Berumur 170 Tahun Ditemukan di Pulau

Penemuan ini dapat membantu menjelaskan periode evolusi dinosaurus yang penting.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
Jejak kaki dinosaurus. Ilustrasi
Foto: Mark Ryan/Flickr
Jejak kaki dinosaurus. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah harta karun yang tersembunyi dari jejak kaki dinosaurus telah ditemukan di Skotlandia. Penemuan ini dapat membantu menjelaskan periode evolusi dinosaurus yang penting, tetapi miskin fosil.

Jejak kaki tersebut membawa kita kembali ke 170 juta tahun yang lalu, yaitu era Middle Jurassic, jangka waktu yang telah menghasilkan sedikit catatan fosil. Situs langka ini ditemukan di Rubha nam Brathairean (atau Brothers 'Point) di Isle of Skye, dan berisi sekitar 50 jejak kaki dinosaurus yang terawat.

Sebagian besar dari mereka termasuk sauropoda, herbivora berleher panjang seperti Brachiosaurus. Tapi ada juga beberapa theropoda, karnivora yang berjalan dengan kaki belakang mereka, seperti Tyrannosaurus, berkumpul di sekitar tempat yang dulunya merupakan laguna dangkal.

Dari sekitar 174 hingga 164 juta tahun lalu, Middle Jurassic, fosil dinosaurus dalam batuan langka, karena tidak banyak urutan sedimen dari waktu itu yang terpapar dengan baik di permukaan Bumi. Isle of Skye adalah salah satu dari beberapa tempat di mana mereka dapat ditemukan, dan penemuan ini menandai kedua kalinya situs tapak yang luas telah ditemukan di sana.

Pertama kali diumumkan pada tahun 2015 dan berlokasi di Duntulm, berisi ratusan jejak kaki. Catatan-catatan ini sangat penting, karena ini adalah waktu yang penting dalam sejarah evolusi dinosaurus, fakta yang membuat fosil-fosil Middel Jurassic tidak membuat frustrasi para paleontolog.

"Zaman ini adalah waktu yang penting dalam evolusi (dinosaurus), ketika burung pertama mungkin turun dari langit, tyrannosaurus pemakan daging paling awal dan stegosaurus bertipe lempeng beraneka ragam, dan sauropoda berleher panjang mulai tumbuh menjadi ukuran kolosal," ungkap para peneliti, dikutip dari Sciencealert, Selasa (3/4).

Situs itu sendiri sulit dipelajari. Letaknya di lokasi terpencil, diterpa laut dan cuaca buruk. Proses erosi dan perubahan lanskap telah membuat beberapa jejak kaki sulit ditemukan dan diidentifikasi.

Namun, terlepas dari ini, tim peneliti dari Universitas Edinburgh berhasil secara positif mengidentifikasi dua jejak kaki dan banyak jejak kaki yang terisolasi. Berdasarkan bentuk-bentuk cetakan ini, yang ditangkap menggunakan drone dan kamera, para peneliti menemukan bahwa mereka dibuat dengan kaki sauropoda yang lebih bundar dan kaki theropoda yang mirip kaki tiga kaki. Spesies pasti belum dapat diidentifikasi, tetapi para peneliti sementara percaya bahwa setidaknya beberapa dari trek sauropoda milik ichnotaxon Breviparopus.

Penemuan ini sebenarnya bukan takson yang dideskripsikan sepenuhnya, tetapi sebuah nama yang ditetapkan untuk jenis jejak tertentu, yang merupakan satu-satunya catatan hewan yang telah kita temukan. Beberapa jejak theropod juga bersama dengan ichnotaxon Eubrontes.

Apa pun dinosaurus itu, temuan ini memperkuat apa yang ditemukan oleh ahli paleontologi di Duntulm, bahwa sauropoda kemungkinan sering dikunjungi dan menghabiskan waktu di laguna di Skotlandia di Middle Jurassic. "Jejak ini adalah penemuan kedua jejak kaki sauropoda di Skye," jelas penulis utama Paige dePolo, yang melakukan penelitian saat menjalani gelar Master di bidang paleontologi dan geobiologi.

Menurutnya, ditemukan di bebatuan yang sedikit lebih tua dari yang ditemukan di Duntulm, menunjukkan keberadaan sauropoda di bagian dunia ini melalui skala waktu yang lebih lama daripada yang diketahui sebelumnya. "Situs ini adalah blok bangunan yang berguna bagi kami untuk terus menyempurnakan gambaran seperti apa dinosaurus pada Skye di Middle Jurassic," ucapnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?