Senin 29 Jan 2018 05:17 WIB

Peneliti Lakukan Pencarian pada Rasa Keenam

Sekarang kandidat baru untuk rasa keenam adalah kalsium.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Umami. Ilustrasi
Foto: Google
Umami. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ilmuwan mengidentifikasi rasa keenam. Ini adalah klaim yang telah menjadi berita utama beberapa kali selama beberapa tahun terakhir, pertama untuk lemak, lalu untuk pati dan bahkan untuk air.

Sekarang kandidat baru untuk rasa keenam adalah kalsium, setelah ilmuwan mengidentifikasi reseptor rasa kalsium pertama pada lalat buah. Periset di University of California mempelajari perilaku lalat buah, dan menemukan lalat bisa merasakan kadar kalsium yang beracun serta tidak menyukainya. Kemudian mereka menggunakan genetika untuk menunjukkan bahwa rasa kalsium tertanam ke otak lalat buah.

Baca juga: Peneliti Didorong Kembangkan Riset Jadi Produk Nyata

Dan karena lalat buah dan manusia memiliki indra rasa utama lainnya, manis, asam, pahit, asin dan gurih disebut umami, penulis utama studi tersebut, Craig Montell, berpendapat ada kemungkinan bahwa manusia juga memiliki reseptor rasa kalsium yang spesifik.
 
"Saya akan mengatakan ada alasan yang sangat bagus, mengingat bahwa semua selera lainnya telah dilestarikan dengan baik antara lalat dan manusia, mungkin memang ada," kata Montell, dilansir dari laman CBC News.
 
Akan tetapi ilmu rasa sangat rumit. Bahkan gagasan kemungkinan ada tambahan reseptor rasa masih kontroversial. Sejauh masa Aristoteles, para ilmuwan telah memperdebatkan pertanyaan tersebut.
 
"Karena orang telah melakukan penelitian ilmiah tentang rasa, ada ketidaksepakatan mengenai apakah ada selera fundamental atau mendasar ini," kata ahli neurobiologis Gary Beauchamp, yang ahli dalam ilmu pengetahuan dan telah meneliti pertanyaan tersebut selama bertahun-tahun di Monell Chemical Senses Center, Philadelphia.
 
"Maksud saya sesuatu yang berbeda dan sangat jelas," kata Beauchamp. Sebagai ujian, dia mempertimbangkan apakah budaya lain juga telah mengidentifikasi rasa.
 
"Tidak ada keraguan bahwa hal-hal seperti kalsium, pati, lemak berinteraksi dengan sistem rasa kita dan memodulasi apa yang kita sukai dan apa yang kita konsumsi. Tapi bagi saya, menyebut ini rasa keenam adalah omong kosong," kata Beauchamp.
 
Umami, umumnya terkait dengan rasa gurih termasuk keju, daging yang dimasak dan monosodium glutamat (MSG) adalah tambahan terbaru dari daftar indra rasa manusia, namun hanya secara resmi diterima setelah para ilmuwan mulai menemukan manusia memiliki reseptor tertentu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement