Rabu 24 Jan 2018 17:21 WIB

PlayStation 4 Diretas, Perangkat Lunak Bajakan Bermunculan

Sebagian besar yang dibajak adalah gim PS2 di konsol terbaru Sony tersebut.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
Sony PlayStation 4
Foto: Mashable
Sony PlayStation 4

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Pengembangan Homebrew PlayStation 4 pada konsol yang lebih tua akhirnya terjadi. Akibatnya, Playstation 4 pun dapat diretas.

Hal itu menyebabkan perangkat lunak bajakan bermunculan, meski sebagian besar yang dibajak adalah gim PS2 di konsol terbaru Sony tersebut. Dikutip Euroganer.net, Rabu (24/1), keran gim atau perangkat lunak bajakan dibuka dengan sebuah eksploitasi yang memungkinkan sistem rendah di konsol, yang terbatas pada software sistem 4.05.

Walaupun, kerentanan ini ditambal Sony dengan mengeluarkan firmware 4.06, pada November 2016. Namun, sejak exploit dirilis, sudah banyak aktivitas dan dukungan dari hacker, termasuk kedatangan dukungan Linux, akses root penuh ke sistem via FTP dan kedatangan PS4HEN, sebuah enabler homebrew, pekan lalu.

Sekarang, paket file dapat diinstal di PS4, dan tersedia alat untuk mendekripsi permainan, yang kemudian dapat dikemas ulang dan diinstal pada konsol yang disusupi. Pembajakan itu juga dilakukan untuk merekayasa balik PS2 Classics untuk PS4, apalagi tersedia alat bagi pengguna untuk menyuntikkan file ISO mereka sendiri ke dalam paket khusus yang disiapkan dan diinstal pada mesin yang diretas.

Emulasi PlayStation 2 adalah fitur sistem yang diklik oleh PS2 Classics, dan dilengkapi sejumlah fitur menarik, termasuk peningkatan resolusi 4x dan peningkatan kinerja dibandingkan dengan kode yang sama yang berjalan pada perangkat keras asli. Sampai saat ini, pengguna tidak memiliki cara untuk menjalankan game PS2 mereka sendiri di PlayStation 4, hanya sejumlah judul yang relatif kecil yang tersedia di PlayStation Store.

Tes yang dilaporkan untuk pemutaran game PS2 telah menunjukkan bahwa beberapa judul yang tidak dapat dijalankan pada perangkat lunak emulator PS3 (misalnya, Klonoa 2) dijalankan di PlayStation 4. Namun, yang lainnya tidak sesuai dengan baik, dan tanpa penyetelan khusus, gitches grafis atau artefak lainnya bisa mengganggu. Fakta bahwa pengguna dengan konsol yang diretas memiliki akses ke dukungan dukungan balik lebih banyak daripada pengguna resmi yang terikat untuk merasa kecewa.

Di hadapannya, kedatangan perangkat lunak bajakan yang cepat untuk PlayStation 4 setelah pelepasan eksploitasi dilakukan. Dampaknya akan dikurangi oleh kenyataan bahwa sebagian besar pengguna akan menjalankan perangkat lunak sistem terbaru.

Selain itu, pembuat gim juga menguasai Firmwares yang lebih tinggi. Dimana sebagian besar gim dari 2017, akan dienkripsi dengan kunci yang tidak tersedia pada konsol 4,0 atau lebih rendah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement