Kamis 14 Dec 2017 15:12 WIB

Google Assistant Segera Bisa Dioperasikan di Tablet

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
Toshiba Tablet
Foto: .
Toshiba Tablet

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA --Google mengumumkan bahwa mereka membawa fitur Assistant ke tablet. Hal itu membatalkan keputusan semula bahwa fitur tersebut hanya untuk ponsel.

Namun, dikutip dari Techradar, Kamis (14/12), Google Assistant hanya bisa dinikmati oleh tablet yang menjalankan Android Marshmallow atau Android Nougat. Keputusan ini juga termasuk pada pilihan yang tersedia dari Samsung, Asus, Lenovo dan banyak lagi.

Beberapa contoh populernya adalah Samsung Galaxy Tab S3, Asus ZenPad 3S 10, Huawei MediaPad M3 8.0, namun daftarnya terus bertambah. Satu peringatan yang Google catat adalah Assistant hanya akan hadir untuk pengguna yang menggunakan bahasa Inggris di AS.

Selain itu, Google telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan Assistant ke lebih banyak ponsel daripada sebelumnya. Ini adalah berita baik bagi orang-orang dengan perangkat yang lebih tua, yang jumlahnya lebih dari 26 persen pengguna Android Lollipop.

Pembatasan bahasa dan regional untuk Assistant Lollipop tidak seketat sama seperti tablet. Pengguna berbahasa Inggris di AS, Inggris, India, Australia, Kanada dan Singapura akan memiliki akses, seperti juga para pembicara Spanyol di AS, Meksiko dan Spanyol.

Nantinya, fitur tersebut akan didistribusikan ke Italia, Jepang, Jerman, Brasil dan Korea Selatan. Dengan begitu, Google Assistant menjangkau lebih dari 80 persen pengguna Android di seluruh dunia. Google Assistant sendiri memiliki beragam kemampuan seperti membaca berita, melakukan beragam konversi, menerjemahkan kalimat, mencari file di aplikasi, serta memutar musik dan video.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement