Senin 23 Oct 2017 05:24 WIB

Begini Cara Merawat Headphone yang Benar

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Headphone atau earphone untuk mendengarkan musik.
Foto: Pixabay
Headphone atau earphone untuk mendengarkan musik.

REPUBLIKA.CO.ID, Sering pakai headphone atau headset? Aksesori tersebut ternyata juga memerlukan perlakuan khusus, seperti perawatan. Apabila tidak dirawat, kualitas dan usia nya cenderung akan lebih sebentar. 

Senior Product Manager Sennheiser Asia Kuan Wee Hong menjelaskan, headphone atau headset perlu dirawat untuk menjaga stabilitas suara yang dikeluarkan. "Juga untuk menjaga kebersihan telinga," jelas Wee Hong, beberapa waktu yang lalu.

Wee Hong menjelaskan, headphone merupakan alat bantu dengar dengan dua buah bun atau bulatan besar yang menempel di telinga. Sementara headset biasanya berbentuk buds atau dua kepala kecil yang dimasukkan ke dalam lubang telinga. Keduanya perlu dibersihkan secara berkala.

Membersihkan headphone atau headset tidak sulit. Ambil selembar tisu basah anti bakteri, kemudian bersihkan kedua bun atau buds. Bersihkan sampai kotoran pada bun atau buds hilang.

 
Untuk headset, biasanya produk akan memberikan cadangan buds berupa karet silikon. Bila kondisi karet sudah sangat kotor atau sedikit rusak sebaiknya diganti dengan yg baru. Namun bila tidak ada, beberapa toko aksesori biasanya menyediakan produk serupa yang dijual terpisah.
 
Headphone atau headset sebaiknya tidak dipakai saat tidur karena bisa menyebabkan kerusakan kabel. Jangan pula menggulung atau mengikat kabel secara kasar. Gunakan sarung atau tempat headset apabila harus menggulungnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement