Rabu 13 Sep 2017 09:20 WIB

Seberapa Luas Samudera di Dunia?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
Samudra Pasifik
Foto: Reuters
Samudra Pasifik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laut adalah tubuh Bumi yang sangat luas dan mengandung garam. Lautan merupakan komponen utama hidrosfer planet kehidupan yang mencakup 71 persen permukaan Bumi. Berikut adalah sejumlah teori dan perumpamaan yang bisa menggambarkan luasnya lautan di dunia, dilansir dari Mental Floss, Rabu (13/9).

1. Jika semua daratan di permukaan Bumi tidak ada, sehingga tidak ada lagi lubang atau retakan di atas dan di bawah permukaan laut, maka seisi Bumi ini akan dipenuhi air yang kedalamannya mencapai 12 ribu kaki.

2. Laut mengandung begitu banyak garam, sehingga jika Anda mengeluarkan garam dan menyebarkannya merata ke seluruh permukaan tanah di Bumi, maka daratan akan tertimbun garam setinggi lima ratus kaki.

3. Samudera Pasifik sama luasnya dengan Samudera Atlantik, Arktik, dan Hindia yang digabung menjadi satu.

4. Air laut mengandung 38 pon atau sekitar 17 kilogram (kg) emas per mil kubik.

5. Semua yang ada di daratan Bumi bisa masuk ke laut. Lautan merupakan tempat terhebat di planet ini. Semua sedimen batuan, seluruh sungai bisa dibawa ke dalam laut. Debu tertiup angin, puing-puing sisa letusan vulkanik, dan semuanya bisa masuk ke dalam laut.

6. Lautan membentengi 10 ribu kaki kerangka yang menopang kehidupan laut di dalamnya.

7. Gunung Everest setinggi 29.029 kaki atau 8.848 meter di atas permukaan laut bisa ditenggelamkan sempurna ke dalam Palung Mariana, di dekat Jepang yang merupakan palung laut terdalam di dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement