Ahad 25 Jun 2017 06:59 WIB

Jelang Lebaran, Karyawan Sering Cari Peluang Pindah Kerja

Hasil riset Jobplanet mengungkapkan menjelang Ramadhan hingga Lebaran, banyak karyawan yang mencari peluang kerja baru. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Hasil riset Jobplanet mengungkapkan menjelang Ramadhan hingga Lebaran, banyak karyawan yang mencari peluang kerja baru. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Jobplanet belum lama ini merilis daftar industri yang paling banyak membuka lowongan pekerjaan dan paling menarik perhatian pencari kerja di situs Jobplanet.com. Riset yang sama juga mengungkap jenis lowongan pekerjaan yang paling banyak dibuka menjelang bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri tahun ini. 

“Momen menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri sering dimanfaatkan oleh karyawan untuk mencari kesempatan kerja yang baru," ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Kemas mengungkapkan umumnya para pekerja berharap bisa memulai karier di tempat baru setelah hari raya. Mengapa menunggu Lebaran berlalu? "Mereka ingin pindah kerja tanpa kehilangan haknya untuk mendapatkan THR (tunjangan hari raya),” ujarnya melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu. 

Sembari mencari peluang, kebanyakan pencari kerja tertarik mempelajari kisi-kisi wawancara. Jumlah kunjungan terbanyak di situs Jobplanet.com menyasar laman-laman berisi informasi wawancara kerja, yakni sebanyak 58% dari total kunjungan.  

Menyusul di belakangnya adalah jumlah kunjungan ke laman informasi gaji sebanyak 26%, kunjungan ke laman review perusahaan sebanyak sembilan persen, dan laman informasi lowongan kerja sebanyak tujuh persen.

“Hal ini menunjukkan bahwa review perusahaan tidak menjadi perhatian utama para pencari kerja dalam dua bulan terakhir ini," kata Kemas. 

Dari segi pemberi kerja, industri ritel dan distribusi paling banyak membuka lowongan. Berdasarkan analisis Jobplanet, industri yang paling banyak membuka lowongan pekerjaan dalam periode tersebut adalah industri ritel dan distribusi, dengan jumlah lowongan kerja sebanyak 21% dari total jumlah lowongan kerja yang dipasang di Jobplanet.com

Di urutan berikutnya ialah perusahaan yang termasuk dalam industri pariwisata, antara lain bergerak di bidang perhotelan, restoran, serta hiburan dan rekreasi. Termasuk di dalamnya adalah hotel, restoran, agen perjalanan, serta perusahaan pengelola fasilitas rekreasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement