Kamis 04 May 2017 10:34 WIB

Tahun Ini Sanken Targetkan TKDN Mencapai 85 Persen

Mesin cuci Sanken.
Foto: sanken
Mesin cuci Sanken.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Sanken menargetkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) untuk produk mesin cuci mencapai 85 persen pada tahun ini. Tahun lalu TKDN Sanken Sudah mencapai 80 persen. Chief Technical Advisor Sanken Choji mengarakan Sanken sudah melampaui capaian produksi 2 juta unit untuk produk mesin cuci. Sanken menargetkan 300 ribu unit mesin cuci akan diproduksi pada tahun ini.

Ini menandakan selama 21 tahun produk perusahaan elektronik rumah tangga lokal ini diterima oleh masyarakat Indonesia.  Selain mesin cuci, Sanken juga memproduksi alat-alat elektronik rumah tangga lainnya seperti Lemari Es, Water Dispenser, Televisi, Kipas Angin, Seterika dan peralatan lainnya.

Sanken adalah merk Indonesia tapi penelitian dan pengembangan (Riset dan Development), desain, produksi dan quality control dijalankan oleh tim insinyur Jepang yang sangat ahli dan berpengalaman dibantu oleh tim insinyur lokal yang masih muda dan handal.  Alih teknologi sudah mulai terjadi dan terbentuk karena sejak 5 tahun lalu tim insinyur lokal Sanken sudah bisa mengembangkan produk baru.

Direktur PT Sanken Argadwija Eric Tirtajasa mengatakan kebutuhan masyarakat akan mesin cuci diyakini akan terus meningkat seiring makin bertambahnya kelas menengah di Indonesia.  Itu sebabnya, Sanken berani menargetkan penjualan hingga 15 persen hingga akhir tahun ini, memngingat pertumbuhan tahun lalu sebesar 10 persen.

Peluang pasar mesin cuci di Indonesia bisa dibilang cukup menjanjikan.  Didukung oleh gaya hidup masyarakat yang kian modern, terutama mereka yang hidup diperkotaan. Dengan aktivitas padat sehari-hari, membuat masyarakat sangat membutuhkan mesin cuci sebagai alat yang dapat mempermudah pekerjaan rumah tangga mereka.

Dalam memilih mesin cuci, masyarakat memiliki beberapa pertimbangan yang mempengaruhi mereka dalam memilih mesin cuci yang tepat, diantaranya adalah bandel (tahan lama), kapasitas, fitur (seperti tidak berisik, tidak merusak baju), faktor harga, kenyamanan, pelayanan purna jual yang meyakinkan dan hasil yang memuaskan. Dan sanken menjawab kebutuhan ini.

Dia menambah, kontribusi revenue penjualan mesin cuci dari semua produk Sanken mencapai 18 persen dari total produk Sanken, sedangkan market share mesin cuci Sanken di Indonesia mencapai 15 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement