Rabu 26 Apr 2017 16:35 WIB

Apa Itu Wikitribune?

Rep: Gita Amanda/ Red: Esthi Maharani
Pendiri Wikipedia Jimmy Wales
Foto: Time
Pendiri Wikipedia Jimmy Wales

REPUBLIKA.CO.ID, Pendiri Wikipedia Jimmy Wales meluncurkan sebuah layanan berita baru berbasis komunitas yang disebut Wikitribune. Situs penggalangan dana ini dimulai pada Selasa (25/4) yang akan menggabungkan relawan dengan jurnalis.

Dilansir Time.com, menurut Wales masyarakat yang merasa kurang terwakili oleh sumber berita konvensional akan memiliki pilihan untuk mendanai seorang wartawan untuk meliput topik tertentu. Satu hal yang dapat dibantu oleh Wikitribune adalah mencari tahu apa yang tidak diketahui.

"Satu hal yang komunitas ini bisa lakukan adalah membantu mencari tahu apa yang tidak kita tahu? Apa hal yang ingin kita tahu? Kita punya banyak pemikiran dan pendapat dan mendiskusikannya sehingga menjadi potongan puzzle yang dibutuhkan untuk penelitian lebih jauh," ujar Wales.

Wales mengatakan bahwa dia memilih untuk mendanai proyek tersebut melalui model komunitas daripada investor karena menghilangkan kebutuhan akan pengembalian dan tekanan komersial yang dia katakan telah menyebabkan "perlombaan" di dalam industri media. Dengan Facebook dan Google memonopoli pertumbuhan pendapatan iklan digital, ia yakin sudah saatnya bereksperimen dengan model pendapatan alternatif.

Pendukung Wikitribune akan diminta membayar 15 dolar Amerika Serikat sebulan untuk membayar tim wartawan situs tersebut. Isi tulisan, bagaimanapun, akan bebas untuk semua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement