Ahad 12 Mar 2017 11:52 WIB

Flippy, Robot Pekerja Pembalik Burger

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Flippy si robot pembalik burger.
Foto: Endgadget
Flippy si robot pembalik burger.

REPUBLIKA.CO.ID, Kita tidak bisa memungkiri bahwa di masa depan banyak pekerjaan manusia akan digantikan oleh robot. Semua hal tersebut bukan hanya sebatas kemajuan teknologi saja tetapi menggunakan robot menjadi jauh lebih efisien untuk berbagai pekerjaan.

Robot pekerja pada industri makanan juga semakin meluas. Laman Ubergizmo mengabarkan, kali ini giliran Flippy si robot pembalik burger yang akan meramaikan industri makanan.

Flippy merupakan burger flipping robot yang dibuat berdasarkan kerja sama antara Miso Robotic dan CaliBurger, sebuah franchise makanan cepat saji dari California Style Burger. Flippy sudah dilakukan uji coba terhadap 50 outlet, dan rencananya akan mulai digunakan dalam dua tahun ke depan.

Sesuai dengan namanya, Flippy bisa bekerja untuk membalik roti burger. Robot memiliki sensor yang bisa mendeteksi roti ketika sudah matang, dan siap untuk disajikan. Kemudian akan mengeluarkan suara apabila roti siap ditambahkan beragam topping dan saus.

Namun ketika ditanyakan perihal mengganti tenaga manusia dengan robot dalam membuat burger, perusahaan tidak mengatakan sepenuhnya bisa dilakukan. Untuk perihal resep dan rasa tentu robot tidak bisa menjadi koki menggantikan manusia.

Tenaga manusia tetap diperlukan dalam bisnia makanan. Untuk berinteraksi dengan pelanggan, serta menjalin keakraban dengan konsumen memerlukan tenaga manusia. Miso Robots juga belum bisa memastikan perihal peraturan di dalam industri makanan di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement