Selasa 28 Feb 2017 14:13 WIB

Tiga Android Nokia Gebrak Pasar Smartphone

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Nokia
Nokia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nokia yang kita kenal dulu sudah ada. Namanya hilang termakan zaman karena tak lagi merilis ponsel.

Saat ini, Nokia menyerahkan lisensi produk di bawah HMD Global. Laman Ubergizmo menyebutkan, HMD Global merilis tiga tipe Nokia terbaru yang pure Android dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 di Nevada, Amerika Serikat.

Salah satu tipenya adalah Nokia 6 yang sudah lebih dulu dirilis di Cina tahun lalu. Nokia 6 akan dirilis global tahun ini. Ponsel pintar dengan lebar layar 5,5 inch Full HD tersebut dibekali prosesor Snapdragon 430. Ponsel juga ditanamkan 4 GB RAM dan memori penyimpanan internal 64 GB. Nokia 6 memiliki kamera utama 16 MP, dan 8 MP kamera depan. Pengeras suaranya sudah mendukung Dolby Atmos dan memiliki Google Asisten. Nokia 6 sudah berbasis Android Nougat 7.0 dan akan dibaderol seharga 242 dollar AS.

Baca juga: Legendaris Nokia 3310 Lahir Kembali Tahun Ini

Tipe berikutnya adalah Nokia 5 yang memiliki desain lebih kecil dengan layar 5,2 inch. Ponsel memiliki prosesor yang sama, hanya saja dengan 2 GB RAM dan 16 GB storage. Bagian luarnya dibalut aluminium sehingga nyaman digenggam. Nokia 5 juga didukung Android Nougat. Kamera belakang 13 MP dan depan 8 MP menambah fitur lebih kaya. Fitur pada Nokia 5 memang tidak jauh berbeda dengan Nokia 6, hanya saja harganya lebih murah seharga 199 dollar AS. Nokia 5 rencananya akan dijual pada kuartal ke dua tahun ini.

Yang terakhir, Nokia 3 juga akan dirilis dengan fisik tubuh berbalut aluminium. Hanya saja Nokia 3 dibekali prosesor MediaTek 6737 dengan 2 GB RAM, serta 16 GB storage. Layar seluas 5 inch dibekali dengan 8 MP kamera depan dan belakang. Spesifikasi ponsel tidak menyebutkan secara pasti dukungan Android. Namun beberapa kabar menyebutkan, Nokia 3 tetap mendukung Android Nougat. Rencananya ponsel akan dijual seharga 147 dollar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement