Ahad 12 Feb 2017 09:29 WIB

Opera Rilis Versi Cepat untuk Desktop

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Opera 43
Foto: Ubergizmo
Opera 43

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Opera mengumumkan versi 43 browser menjadi yang tercepat untuk perangkat desktop. Kecepatan versi desktop tersebut terletak pada kerja laman dan profil Guided Optimization.

Dilansir laman Ubergizmo, keduanya meningkatkan kerja laman sejak tahun lalu. Bahkan fitur kecepatan optimal, native ad-blocking, serta laman pembuka cepat sudah ditanamkan sejak awal. 

Opera menjelaskan, versi terakhir Profile Guide Optimization dan instant page loading menjadi penopang dari fitur kecepatan tersebut. Keduanya mampu mempercepat waktu loading dari sebuah page yang dibuka pengguna. Hal tersebut sudah diterapkan pada jenis laman yang berbeda-beda. Terutama untuk situs dengan template dan konten cukup berat. 
 
Instant page loading bekerja memprediksi website yang akan dibuka user, yakni mendeteksinya saat pengguna mengetik alamat website. Kemudian fitur akan bekerja sedemikian cepat sebelum pengguna menekan tombol enter. Kemudian secara otomatis sistem akan langsung menghantarkan pengguna pada situs dengan cepat. Fitur ini menjadi sedemikian pintar dengan membaca URL, bahkan pada website yang spesifik. 
 
Profile Guide Optimization merupakan teknik baru untuk platform Windows. Fitur tersebut membuat Opera mampu memperkuat performa namun tetap meminimalisir konsumsi daya perangkat. Opera menyatakan, fitur ini mampu mempercepat jeda waktu ketika menekan tombol enter hingga masuk ke situs 13 persen lebih besar dari browser pada umumnya. Search engine Opera 43 juga mendapat peningkatan performa. Versi terbaru opera desktop sudah bisa diunduh mulai sekarang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement