REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jasa panggil tukang harian Tukang.com telah hadir lewat aplikasi di sistem perangkat iOs. Layanan yang digagas sejak 2016 itu lebih dulu eksis lewat aplikasi Android yang sudah diunduh lebih dari 10 ribu kali.
CEO Tukang.com Aziz Hartanto mengatakan, aplikasi versi Android juga memiliki tampilan baru per Januari 2017. Inovasi itu disebutnya untuk mempermudah penggunaan aplikasi yang sudah menjangkau wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
Ia menjelaskan, berbagai layanan akan muncul pada tampilan layar ponsel pintar saat aplikasi dibuka. Ada pilihan jasa tukang perbaikan bangunan yang dibutuhkan, mulai dari tukang cat, tukang atap, tukang AC, sampai tukang kebun.
Pengusaha muda di bidang konstruksi dan properti itu menyampaikan, tampilan bukan satu-satunya aspek yang diperbaiki. Tukang.com yang sudah bekerja sama dengan 800 mitra terlatih itu pun selalu menjaga kualitas para pekerja agar dapat memberikan pelayanan maksimal.
Disampaikan Aziz, Tukang.com telah siap menampung pesanan dalam jumlah besar, baik dari segi infrastruktur, IT, maupun mitra. Itu sebabnya, diluncurkan layanan baru yang disebut "Borongan" untuk pekerjaan dengan cakupan yang lebih besar dan tak bisa diselesaikan dalam satu hari.
Ia memastikan, layanan "Borongan" Tukang.com akan adil bagi pihak mitra maupun pelanggan. Tak ada biaya yang disembunyikan atau biaya tambahan yang ditagihkan di tengah pekerjaan, karena sistem borongan memberlakukan survei langsung dan kesepakatan antara kedua belah pihak.
"Pelanggan bisa melakukan tawar-menawar sampai harga cocok, sedangkan mitra akan nyaman bekerja sama karena pembayaran dari pengguna jasa sudah dibayar lunas dan ditampung pihak Tukang.com sebelum pekerjaan dimulai," tutur Aziz.