Ahad 27 Nov 2016 12:19 WIB

Hilang Kontrol, Robot Cina Hancurkan Kaca dan Lukai Satu Orang

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Robot Xiao Pang.
Foto: Mashable
Robot Xiao Pang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah robot buatan Cina mengalami kecelakaan di Shenzhen Tech Trade Fair selama akhir pekan. Robot tersebut menghancurkan jendela kaca, dan melukai seseorang yang berdiri di dekatnya.

Dilansir dari laman Mashable, tepatnya pada Jumat lalu robot yang pembuatnya dari Beijing Sains dan Teknologi, mendorong dirinya ke dalam panel kaca dari stand pameran, serta menghancurkan kaca. Seseorang yang berdiri di dekatnya terluka oleh pecahan, dan dibawa ke rumah sakit, kata polisi Liuzhou di Weibo.

Dalam pernyataan yang dimuat di situsnya, produsen meminta maaf atas insiden tersebut. Mereka menjelaskan, anggota staf mencoba untuk menggerakkan robot itu ke samping, ketika itu ia tidak sengaja menekan tombol untuk berpindah kembali.

Kemudian, robot terguling dari genggamannya dan dia tidak bisa berhenti. Robot dengan sebutan Xiao Pang, memiliki sensor untuk menghentikannya dari menabrak rintangan untuk penggunaan biasa, tapi fungsinya dinonaktifkan, ketika panel kontrol terbuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement