Jumat 04 Nov 2016 19:56 WIB

Teknologi Baterai Dianggap Belum Bisa Ikuti Kemajuan Ponsel

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Winda Destiana Putri
Baterai ponsel. Ilustrasi
Foto: iMore
Baterai ponsel. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa ponsel pintar moderen ternyata akan langsung mati hanya dalam waktu tiga jam setelah digunakan untuk browsing internet. Penelitian tersebut dilakukan untuk mengamati kekhawatiran teknologi baterai dianggap belum bisa mengikuti perkembangan ponsel, tablet, dan gawai lainnya.

Seluruh aplikasi, kamera, streaming video, browser, dan layanan GPS yang terdapat dalam ponsel pintar menyedot energi yang besar dari baterai. Skandal Samsung Galaxy Note 7 yang terjadi belakangan ini juga turut menunjukkan kegagalan sistematik baterai. Secara spesifik, belum ada teknologi baru yang bisa menangani masalah baterai gawai cepat habis.

Seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (3/11), kelompok perlindungan konsumen dari Inggris Which memberikan perbandingan daya tahan baterai berbagai gawai seperti ponsel, tablet, laptop, speaker, dan headphone. Apple dan Samsung memang masih mendominasi teknologi dan penjualan pasar ponsel pintar. Namun, ternyata dua merek besar itu belum mampu menyaingi HTC 10 dalam masalah ketahanan baterai.

Which menyebut, HTC 10 mampu tetap hidup selama 1.859 menit ketika digunakan untuk menelepon. HTC 10 dibanderol dengan harga 470 poundsterling atau sekitar Rp 7,5 juta. Sementara ponsel pintar murah meriah dari EE Rook hanya mampu bertahan selama 420 menit.

Sementara untuk kategori tablet, Samsung Galaxy Tab A 9.7 menjadi yang paling kuat dan mengalahkan iPad dari Apple. Which menemukan, bahwa Tablet Samsung itu bisa bertahan selama 16 jam penggunaan dan dengan penawaran harga yang relatif murah yakni 200 poundsterling setara Rp 3,1 juta.

Yang terburuk untuk kategori tablet adalah Acer Iconia B1-710. Tablet dengan banderol harga sekitar 100 poundsterling setara Rp 1,6 juta itu tak mampu bertahan lebih dari tiga jam untuk pemakaian terus menerus.

Laptop Toshiba Satellite Click 10 mampu bertahan selama 11 jam meski dipakai untuk menonton film secara marathon. Laptop itu juga bertahan lebih dari 12 jam untuk berselancar di internet lewat jaring Wi-Fi. Sementara laptop terburuk adalah Asus Zenbook Pro UX501 yang hanya mampu bertahan selama dua setengah jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement