Senin 19 Sep 2016 18:08 WIB

Butuh Modal Berapa untuk Bangun Smart Home?

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Smart Home. Ilustrasi
Foto: CNN
Smart Home. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Punya keinginan memperbarui rumah dengan konsep smart home atau rumah pintar? Nampaknya memang perlu merogoh kocek sangat dalam.

Situs marketwatch.com menjelaskan, untuk kamar mandi saja bisa menghabiskan 6.400 dollar AS. Kohler Numi Toilet membanderol harga mahal karena kecanggihan yang tidak diragukan. Hampir semua peralatan di dalam toilet bisa dikendalikan melalui ponsel pintar dengan koneksi bluetooth.

Sementara tempat tidur yang bisa mengatur posisi tubuh harus dibeli seharga 11 ribu dollar AS. Craftmatic merupakan kasur pintar dengan sebuah alat sensor di samping tempat tidur. Selain bisa bergerak dan mengatur posisi pengguna, alat sensor akan mendeteksi kualitas tidur. Sensor bekerja dengan mengikuti detak jantung. Pengguna bisa mendapatkan hasilnya dengan cara mengoneksikan alat sensor dan perangkat ponsel.

Smart home tentu harus berpintu pintar dan otomatis. Beberapa merek smart key menjualnya sepaket dengan harga 598 dollar AS. Paket kunci pintar sudah termasuk smart lock dan kamera tersembunyi.

Di ruang tamu tentu perlu beberapa perangkat elektronik pintar. Namun yang terpenting harus memiliki lampu pintar. Philips Hue mengeluarkan seri smart lamp yang dibanderol mulai dari 100 dollar AS per buah.

Harga yang sangat mahal memang membuat rumah pintar belum banyak menjadi konsep dasar perumahan di Indonesia. Tetapi meski mahal, hasil yang didapatkan setara dengan teknologi mumpuni yang terdapat pada perabotan tersebut. Laman marketwatch.com juga menjabarkan beberapa home appliances lain yang diperlukan untuk membuat sebuah rumah pintar. Mahal sih, tapi hasilnya pasti puas.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement