Kamis 04 Aug 2016 08:33 WIB

Panasonic GX85, Si Kecil Nan Besar

Rep: Yogi Ardhi/ Red: Winda Destiana Putri
Panasonic GX85 (Foto: Yogi Ardhi/Republika)
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Panasonic GX85 (Foto: Yogi Ardhi/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, Panasonic kembali melengkapi portofolio kamera mirrorless-nya pada tahun 2016. Kali ini giliran Panasonic GX85 yang tampil di pentas.

Menilik namanya, tipe ini merupakan ‘tipe sederhana’ dari tipe sebelumnya, Panasonic GX8. Kamera mirrorles dengan konsep desain retro.

Desain Bodi

Tampilan sepintas GX85 mengusung gaya retro. Mirip dengan kakaknya GX85. Namun, jika diteliti lebih jauh beberapa fitur yang miliki GX85 tidak dimiliki kamera Panasonic jenis apa pun sebelumnya, terutama hardware yang dibenamkan pada kamera ini.

Panasonic GX85 memiliki dimensi dan desain yang lebih mirip dengan Panasonic GX7. Memang di Jepang GX85 dinamai Panasonic GX7 Mark II. Ukuran dan desain kedua kamera ini sangat mirip. Namun, dengan teknologi yang tentu berbeda.

Sensor

Panasonic membenamkan sensor tipe Live MOS seluas 16 megapiksel di dalam GX85. Sensor yang digunakan ini memiliki fitur terkini yang belum pernah digunakan di kamera-kamera Panasonic sebelumnya. Sensor kamera GX85 tidak lagi menggunakan lapisan optical low-pass filter. (Sedianya filter ini digunakan untuk mengurangi efek moire pada hasil pemotretan kamera digital). Tanpa filter ini saat uji coba di lapangan terbukti menghasilkan gambar foto setara bahkan lebih tajam dibandingkan kamera yang sensornya menggunakan optical low-pass filter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement