Jumat 08 Jul 2016 03:15 WIB

Ini Makanan yang Dianggap Paling Lezat oleh Manusia Purba

Manusia Purba. Ilustrasi
Foto:

Manusia purba sebelumnya diduga menyantap gajah bukan sebagai hasil buruan tapi binatang yang sudah mati karena umur atau karena predator lain. Studi baru justru menunjukkan bahwa gajah diburu dan kepala mereka dianggap sebagai sumber penting kalori bagi manusia purba.

Bahkan, manusia purba juga mau bersusah payah mengangkut kepala gajah itu kemana mereka pergi. Aviad Agam dan Ran Barkay dari Universitas Tel Aviv, Israel mengkaji sejumlah situs arkeologi tempat kepala-kepala gajah ditemukan.

Situs ini termasuk yang dihuni manusia purba pada Zaman Kuno, sekitar 1,6 juta sampai 1,3 juta tahun lalu, tempat yang kini adalah Republik Djibouti di Afrika. 

Selain itu juga ada situs berumur 800 ribu tahun sampai 500 ribu tahun di Israel dan situs berumur 150 ribu sampai 13 ribu tahun di Rusia dan Eropa. Contohnya adalah Gesher Benot Ya'aqov, situs terbuka Plestocene di lembah Laut Mati, di mana para arkeolog menemukan kerangka kepiting, ikan, kijang dan kura-kura selain 154 gajah.

Kerangka gajah yang ditemukan termasuk tengkorak utuh, sejumlah gigi, gading, cranium dan tulang di seputar otak. Sebagian tengkorak gajah yang ditemukan dipecah oleh manusia purba yang tinggal di sana.

Kerangka gajah jenis ini adalah gajah yang sudah punah Palaeoloxodon antiquus atau gajah dengan gading lurus. Spesies gajah ini sangat dekat dengan gajah Asia yang ada sekarang ini, namun lebih besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement