Selasa 05 Jul 2016 00:12 WIB

Menkominfo: Lonjakan Trafik Operator Didominasi Penggunaan Data

Menkominfo Rudiantara
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menkominfo Rudiantara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan lonjakan trafik operator didominasi oleh penggunaan data internet pada perangkat seluler.

"Sejauh ini, trafik suara dan pesan singkat memang meningkat jika dibandingkan dengan hari biasa, tapi kenaikan trafik di semua operator didominasi dari banyaknya pengguna data internet, terutama untuk 'video sharing application', yakni YouTube," ujarnya di Jakarta, Senin (4/7).

Bahkan, menurut dia, tingginya pemakaian data internet ini, membuat trafik salah satu operator seluler melonjak hingga lebih dari 100 persen, pada Senin siang. "Kami menemukan kepadatan jaringan di sejumlah titik kemacetan, tapi ini masih dalam batas toleransi," kata Menkominfo.

Ia menjelaskan sebagian besar operator seluler telah mengantisipasi potensi terjadinya kepadatan jaringan sejak pekan lalu, di sejumlah daerah yang diprediksi menjadi lokasi rawan kemacetan. "Saya tadi periksa, sudah tersedia sejumlah base transceiver station (BTS), yang fix maupun yang dapat dipindahkan di beberapa daerah macet. Ketersediaan jaringan ini terus kami pantau," tambahnya.

Selain memeriksa trafik, Menteri Rudiantara juga mengimbau para operator seluler untuk memastikan para pemudik tidak kesulitan mendapatkan pulsa. "Bebebrapa operator sudah menyediakan layanan pengisian pulsa dengan kartu kredit, debit dan aplikasi internet, namun saya juga minta pastikan pengisian pulsa manual tersedia. Sejauh ini, tadi sudah ada operator yang langsung menyalurkan voucher pulsa saat jalan sedang macet, ini saya apresiasi," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement