Senin 13 Nov 2023 22:13 WIB

Pengguna Android Perlu Lakukan Ini Supaya Data Seluler tak Cepat Terkuras

Android hadir dengan beberapa fitur pemantauan dan penyimpanan data bawaan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memanfaatkan jaringan Wi-Fi merupakan cara tepat untuk menghemat pengguna paket data seluler. Namun, ketika jaringan Wi-Fi tidak tersedia dan memakai data reguler, pengguna ponsel Android perlu melakukan cara khusus supaya data tak lekas terkuras.

Tidak jarang, streaming musik dan video tanpa Wi-Fi dalam waktu lama tanpa disadari membuat data seluler cepat habis. Kabar baiknya, ponsel Android versi modern memiliki fitur yang dirancang untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga

Android hadir dengan beberapa fitur pemantauan dan penyimpanan data bawaan. Akan tetapi, pengguna Android harus menyalakan fitur itu secara manual untuk menghindari data seluler terkuras secara tidak sengaja.

Dikutip dari laman Slash Gear, Senin (13/11/2023), terdapat menu penggunaan data seluler yang menunjukkan berapa banyak data yang telah digunakan selama siklus waktu tertentu. Terdapat pula rincian aplikasi mana yang menggunakan data dalam jumlah besar.

Jika ingin mengurangi terkurasnya data akibat aplikasi tertentu, pengguna dapat mengambil langkah untuk mengurangi pemakaian tersebut. Pembatasan penggunaan data latar belakang aplikasi perlu dilakukan secara manual untuk masing-masing aplikasi.

Apabila pengguna enggan menghabiskan banyak waktu menelusuri menu, ada opsi yang lebih mudah. Caranya, dengan menetapkan batas data maksimum.

Langkah pertama...

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement