Rabu 20 Apr 2016 18:05 WIB

Memilih Headphone yang Tepat Sesuai Genre Musik

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
Pria mendengarkan musik melalui headphone
Foto: corbis
Pria mendengarkan musik melalui headphone

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda penyuka musik beraliran 'keras'? Bila saat ini masih menggunakan jenis headphone ear in atau sejenisnya, sebaiknya segeralah berganti tipe.

Sennheiser, label headphone asal Jerman, tidak merekomendasikan jenis tersebut untuk mendengarkan musik keras. Dalam acara Sound Forum di Jakarta, Rabu (20/4), Sennheiser mencoba memberikan pengalaman berbeda dalam memilih jenis headphone. Penyuka musik beraliran hard rock, heavy metal, hingga grunge bisa menggunakan jenis headphone terbuka atau open headphone.

Open headphone memiliki cara kerja berbeda dengan jenis lainnya. Pada bagian ear cup jenis terbuka akan memperkuat suara akustik dan reproduksi. Suara yang terdengar akan lebih alami dan natural dengan resonansi minimum.

Open headphone membuat suara lebih kencang dan kuat. Jenis headphone ini juga akan lebih maksimal jika digunakan dengan jenis balanced cable. Hasilnya, suara instrumen dan vokal lebih tajam secara bersamaan. Headphone terbuka juga cocok digunakan saat berada di ruangan sepi.

Namun bagi penyuka musik beraliran jazz atau ‎instrumen sebaiknya memilih headphone tertutup atau close headphone. Jenis ini menjadi pilihan karena menghasilkan suara yang lembut namun tajam.

Close headphone memiliki konsep headphone circumaural tertutup sehingga tidak akan terganggu suara dari luar. Headphone tertutup cenderung memberikan rasa nyaman sehingga pendengar bisa tertidur pulas bila mendengarkan musik-musik berinstrumen lembut. Headphone tertutu juga cocok digunakan di tempat keramaian karena akan menghindarkan kebisingan.

"Selama lebih dari 70 tahun, inovasi Sennheiser telah menentukan masa depan audio dunia," kata Presiden dan Managing Director Sennheiser Asia Ng Chee Soon. Sennheiser telah dikenal luas dan mendunia. Bahkan komunitas audiophiles global juga mengakui produk Sennheiser berkualitas tinggi. ‎Selain headphones Sennheiser juga memroduksi beberapa produk lain, seperti microphone, amplifier, dan lainnya. Bahkan microphone Sennheiser juga menjadi produk kepercayaan penyanyi dunia Pink, Ketty Perry, Beyonce, dan Celine Dion.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement