Rabu 23 Aug 2023 06:05 WIB

Jangan Sembarangan, Begini Cara Tepat Membersihkan Headphone

Jika sering digunakan, headphone disarankan untuk dibersihkan sepekan sekali.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Jika headphone sering digunakan sambil berolahraga, disarankan untuk membersihkannya setidaknya sekali sepekan agar bakteri dan keringat tak menumpuk.
Foto: Neurable
Jika headphone sering digunakan sambil berolahraga, disarankan untuk membersihkannya setidaknya sekali sepekan agar bakteri dan keringat tak menumpuk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seberapa sering headphone harus dibersihkan? Jawabannya bergantung pada intensitas pemakaian. Jika headphone sering digunakan sambil berolahraga, disarankan untuk membersihkannya setidaknya sekali sepekan agar bakteri dan keringat tak menumpuk. 

Jika headphone digunakan tak terlalu sering, pembersihan sebulan sekali sudah cukup. Lantas, bagaimana cara pembersihan yang tepat dan apa saja yang dibutuhkan? Para ahli dari World Wide Stereo membagikan tipnya agar headphone selalu dalam kondisi prima.

Baca Juga

Spesialis produk senior World Wide Stereo, Ira Segall, menjelaskan bahwa kebersihan headphone amat memengaruhi pengalaman pengguna mendengarkan musik. Headphone yang kotor bisa menyebabkan masalah konektivitas dan membuatnya cepat rusak.

"Headphone yang kotor dapat meningkatkan penularan penyakit dan kemungkinan tertular infeksi telinga juga bisa meningkat jika Anda berbagi headphone," ucap Segall, dikutip dari laman Louder Sound, Rabu (23/8/2023). Karena itu, perlu rutin membersihkannya.

Segall mengatakan, sering menggunakan headphone juga meningkatkan kelembapan di telinga sehingga menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan bakteri. Disarankan mengusap headphone, dengan kain lembut dan larutan pembersih ringan setelah digunakan untuk mencegah perkembangbiakan kuman. 

Pembersihan rutin perlu untuk mencegah kotoran menumpuk di sudut dan celah bantalan telinga. Untuk membersihkan headphone, dibutuhkan sikat lembut atau sikat gigi, sabun dan air, kain mikrofiber lembut, pinset, isopropil alkohol/pemutih encer, kertas tisu, dan sarung tangan.

Langkah pertama, pakai sarung tangan dan lepaskan sambungan headphone dari perangkat apa pun. Kemudian, lepaskan bantalan telinga supaya dapat menjangkau semua area yang tersembunyi. Selanjutnya, ambil sikat gigi atau kain lembut. Hilangkan kotoran dan noda yang mencolok.

Untuk menghilangkan bulu-bulu kecil dan kotoran yang menempel, gunakan pinset. Jika tersedia, ikuti instruksi pembersihan bawaan pabrik, sebab mungkin butuh penanganan khusus untuk beberapa model headphone. Namun, pada dasarnya air dan sabun bisa dipakai untuk membersihkan headphone, asal jangan menggunakan terlalu banyak air.

Berikutnya, lakukan desinfeksi dengan isopropil alkohol atau pemutih encer. Pastikan untuk tidak menggunakan cairan pembersih berlebihan yang dapat merusak kulit, plastik, dan bahan yang menempel pada headphone. Bersihkan bantalan telinga terlebih dahulu, baru kemudian bagian headband.

Perlu diketahui bahwa terlalu banyak cairan dapat merusak headphone. Jadi, untuk menghindari cairan masuk ke speaker, pegang headphone pada sudut 90 derajat agar speaker menghadap ke bawah. Gunakan kain lembut untuk membersihkan bagian luar dan pastikan cairan tidak tumpah ke dalam komponen internal.

Terakhir, keringkan semua komponen headphone secara menyeluruh sebelum dipasang kembali. Jangan sampai headphone masih basah atau lembap, sebab itu dapat memengaruhi kualitas suaranya. Gunakan handuk kering dan pastikan benar-benar kering.

Tips lain dari Segall, simpan headphone dengan benar. Jangan tempatkan di bawah sinar matahari langsung atau di dekat radiator. "Gunakan headphone dengan lembut, hindari berbagi headphone dengan orang lain, dan pastikan volumenya berada pada tingkat yang wajar saat dipakai," tuturnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement