Sabtu 16 Apr 2016 06:08 WIB

Bukan Sianida, Ini 5 Bahan Kimia Paling Mematikan di Dunia

Ricinus communis.
Foto:

3. Batrachotoxin

Racun ini membunuh dengan mengganggu saluran ion natrium di dalam sel otot dan saraf. Racun ini menyumbat saluran ion sehingga tidak dapat menutup sehingga berdampak pada gagal jantung.

2. Maitotoxin

Ada sejumlah racun yang berasal dari laut. Misalnya saxitoxin yang umumnya menjadi penyebab kecarunan setah mengonsumsi kerang yang terkontaminasi. Racun ini sering dikaitkan dengan ganggang yang berbahaya di laut. Namun, ada yang lebih mematikan yakni maitotoxin. Racun ini dibentuk oleh dinoflagellata, semacam plankton laut yang memiliki tsruktur kimia yang sangat rumit. Betapa rumitnya struktur maitotoxin menyulitkan para ahli kimia untuk menyintesis zat ini dalam skala laboratorium. Racun ini bekerja dengan meningkatkan aliran ion kalsum melalui membran otot jantung yang mengakibatkan gagal jantung.

1. Botulinum toxin

Meski para ilmuwan berbeda pendapat mengenai tokisitas relatif suatu zat, ilmuwan sepakat bahwa botulinum yang dihasilkan oleh bakteri anaerob adalah zat paling beracun di dunia. LD50nya sangat kecil hanya 1 nanogram per kilogram berat badan bisa membunuh manusia. Racun ini pertama diidentifikasi di Jerman pada akhir abad ke 18. Ada bebrapa racun bitulinum. Tipe A adalah yang paling ampuh. Racun ini adalah polipeptida yang terdiri lebih dari seribu molekul asam amino yang bergabung bersama. Racun ini menyebabkan kelumpuhan otot dengan mencegah pelepasan asetilkolin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement