Sabtu 09 Apr 2016 19:19 WIB

Cara Unik Uji Kesenyapan Mesin Cuci

Kartu disusun vertikal untuk menguji kesenyapan mesin cuci.
Foto: LG
Kartu disusun vertikal untuk menguji kesenyapan mesin cuci.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- LG Electronics (LG) memiliki cara unik untuk unjuk keunggulan mesin cucinya dalam hal kesenyapan. Alih-alih menggunakan media konvensional, perusahaan elektronik konsumer berbasis di Korea Selatan ini membangun struktur dari susunan kartu di atas mesin cucinya yang sedang menyala.

Aksi kreatif ini berhasil memecahkan rekor Guiness World Record. “Pemecahan rekor dunia ini menjadi cara kreatif dalam menunjukkan keunggulan teknologi mesin cuci LG,” ujar Jo Seong-jin, CEO dan Presiden LG Electronics Home Appliance & Air Solutions Company.

LG berkolaborasi dengan Bryan Berg sebagai seorang penyusun kartu professional lulusan arsitek dari Harvard. Bryan yang sudah mulai belajar membuat kon-struksi dari susunan kartu ini bermitra dengan LG untuk memecahkan catatan rekor dunia bagi bangunan dari susunan kartu tertinggi yang dibuat dalam 12 jam.

Pada pemecahan rekor ini, ia berhasil membuat konstruksi tumpukan kartu setinggi 3.3 meter yang keseluruhannya menggunakan kartu yang biasa ditemui. Yang membuatnya lebih mendebarkan, konstruksi dari kartu ini dibuat di atas mesin cuci LG Centum System™ yang sedang menyala dengan laju putaran tabung menunjuk pada angka 1,000 RPM.

“Kami sangat senang dengan keberhasilan Bryan Berg untuk keberhasilannya memecahkan rekor dunia ini,” ujar Jo Seong-jin, CEO.

Menurutnya, keterlibatan LG dalam pencatatan prestasi ini membantu perusahaan untuk menunjukkan inovasi teknologi terkini yang telah diterapkan pada mesin cuci terbarunya yaitu LG Centum System™. “Perangkat mesin cuci seharusnya tak lagi identik dengan bising dan getarannya yang mengganggu. Inovasi yang menghilangkan kedua hal ini membuat mesin cuci menjadi pelengkap yang dapat hadir di ruang manapun dalam rumah,” ujar Jo Seong-jin.   

Berkurangnya getaran dan tingkat kebisingan ini disisi lain membuat berkurangnya gesekan antar bagian di dalam mesin cuci. Hal yang sama artinya dengan mengurangi laju aus berbagai bagian dalam mesin cuci. Inilah yang membuat LG begitu percaya diri dengan teknologi motor berjuluk Inverter Direct Drive dalam LG Centum System™. Tak heran bila kemudian LG mem-berikan garansi 20 tahun untuk motor mesin cuci ini.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement