Sabtu 19 Mar 2016 06:06 WIB

Apple Watch Diperkirakan Kuasai Separuh Pasar Smartwatch Global

Rep: MgROL55/ Red: Dwi Murdaningsih
Apple Watch
Foto: Apple Watch (www.apple.com)
Apple Watch

REPUBLIKA.CO.ID, Apple diprediksi masih akan menjadi yang terdepan untuk penjualan smartwatch pada tahun 2016. Menurut sebuah laporan baru dari perusahaan riset International Data Corporation (IDC), permintaan swartwatch Apple akan terus meningkat sepanjang 2016, meskipun Android Wear diharapkan untuk mengejar ketinggalan pada tahun 2020.

Apple diperkirakan akan menjual 14 juta smartwatch pada tahun 2016 atau sekitar 49,4 persen dari pasar smartwatch global. Tahun ini, penjualan smartwatch diperkirakan tumbuh 32,8 persen year-over-year  menjadi 28,3 juta unit.

Apple tidak mengungkapkan penjualan smartwacth, tetapi analis percaya bahwa perusahaan Cupertino mampu menjual 11,5 juta unit hanya dalam 8 bulan ketersediaan komersial pada tahun 2015. Jumlah ini mencapai 63 persen di pasar smartwatch global.

IDC mengatakan bahwa permintaan untuk Apple Watch mungkin akan sedikit turun lantaran pelanggan mulai mengantisipasi model berikutnya. Namun, generasi kedua smartwatch akan kembali menjadi peruntungan bagi Apple. Namun, IDC juga memprediksi bahwa Apple akan terus kehilangan pangsa pasar karena penawaran pesaing menembus pasar.

Menurut laporan baru ini, Android Wear Google akan mencapai 21,4 persen pasar smartwatch tahun 2016. Samsung Tizen juga diharapkan untuk membuat beberapa kemajuan tahun ini juga. Dilansir dari laman Phone Arena, pada tahun 2020, laporan itu mengklaim bahwa Apple dan Google akan berbagi bagian terbesar dari pasar smartwatch.

Lima tahun ke depan, Apple watch OS diperkirakan akan mencapai 37,6 persen dari penjualan smartwatch global, diikuti oleh Android Wear dengan 35 persen. Melihat ke masa depan, IDC memperkirakan bahwa lebih dan lebih produsen smartwatch akan beralih ke open source Android dalam upaya untuk membedakan produk mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement