Selasa 16 Feb 2016 13:22 WIB

Google akan Hapus Editor Foto Picasa

Rep: MgROL55/ Red: Dwi Murdaningsih
Kantor Pusat Google di Beijing
Foto: ap photo/voa
Kantor Pusat Google di Beijing

REPUBLIKA.CO.ID, Google telah meninggalkan aplikasi editor foto Picasa. Aplikasi ini tidak akan lagi didukung oleh Google mulai 15 Maret 2016. Menurut sebuah posting blog perusahaan, pada bulan Mei perusahaan akan mengarsipkan Album Web Picasa pengguna.

Kepala Google Anil Sabharwal mengatakan perusahaan meninggalkan Picasa untuk fokus pada pengembangan 'satu layanan yang menyediakan fungsionalitas lebih dan bekerja di mobile dan desktop. Menurut dia, cara ini leboh efektif dibandingkan harus membagi tenaga untuk dua produk yang berbeda yakni versi mobile dan dekstop.

Dilansir dari laman CNN, Google mengatakan editor foto Picasa masih akan tersedia untuk di-download, tetapi tidak akan lagi menawarkan update untuk menjaga program kompatibel dengan sistem operasi baru. Nantinya semua foto yang tersimpan di Picasa akan bisa dilihat di Google Photo.

Picasa adalah salah satu program editing foto pertama yang banyak digunakan. Aplikasi ini termasuk pionir yang menawarkan upload dan penyimpanan online. Aplikasi ini didirikan pada tahun 2002 dengan bantuan dari pengusaha Bill Gross Idealab, dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2004.

Tapi popularitas Picasa telah memudar secara drastis. Google Photo menawarkan lebih banyak pilihan pengeditan yang sama dan teknologi pengenalan wajah.

 

baca juga: Gempa Taiwan Ganggu Produksi Chipset Apple

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement