Sabtu 23 Jan 2016 23:40 WIB

Indonesia Membutuhkan Aplikasi Ramah Jaringan

Smartphone (ilustrasi)
Foto: EPA/Gregor Fischer
Smartphone (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat gawai dan sistem aplikasi Dominikus Susanto menilai Indonesia membutuhkan sistem perangkat lunak (aplikasi) yang bersahabat atau sesuai dengan kemampuan jaringan di nusantara.

"Jaringan Indonesia belum merata di Indonesia seperti 3G dan 4G masih terbatas di wilayah tertentu saja sehingga aplikasi ramah jaringan akan membantu memaksimalkan pemakaian," kata Dominikus Susanto di Jakarta, Sabtu (23/1).

Dominikus Susanto yang juga menjabat sebagai Senior Manager Bussiness Development Qualcomm mengatakan bahwa sistem perangkat lunak di gawai haruslah mudah difungsikan serta mampu beradaptasi dengan budaya masyarakat Indonesia.

Ia juga mengomentari bahwa salah satu aplikasi berpotensi berkembang serta meruntut inovasi yang muncul akhir ini adalah aplikasi foto yang muncul dengan tawaran kecil ukuran file namun tidak mengurangi resolusi.

Misalnya, AppCola yang merupakan aplikasi manajemen pihak ketiga mampu menciptakan teknologi kompres foto tanpa mengorbankan resolusi foto (hanya untuk versi PC).

Dengan dilengkapi teknologi kompresi foto lossless yang eksklusif, AppCola mampu mengoptimalisasikan foto berukuran besar sekalipun sehingga dapat meminimalkan kebutuhan ruang penyimpanan sekaligus mempertahankan kualitas asli foto.

"Dengan adanya ukuran file yang bisa dikurangi tanpa mengubah resolusi bisa menguntungkan dari segi penggunaan biaya. Selain itu, jika ingin mengirim resolusi besar dengan jaringan 3G juga masih bisa diatasi atau malah lebih cepat," katanya.

AppCola adalah aplikasi manajemen pihak ketiga terbaru, dirancang khusus untuk platform iOS. Perangkat inovatif ini memberikan akses cepat kepada pengguna terhadap berbagai informasi terbaru dan unduhan perangkat lunak.

Menurut data laman resmi AppCola ( http://tg.appcola.com/dt/pc?ref=pr_dreya ) apikasi tersebut sementara masih tersedia untuk perangkat komputer, namun bisa diintegrasikan di handphone pada jaringan Indonesia.

Selain itu AppCola juga mengembangkan inovasi di Indonesia dalam hal kemudahan berbagai unduhan yang memudahkan pengaturan manajemen file di sistem IOS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement