Selasa 12 Jan 2016 15:55 WIB

'Kalung' Ini Bisa Bantu Terjemahkan Bahasa

alat penerjemah ili
Foto: uber gizmo
alat penerjemah ili

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Teknologi alih bahasa terus berkembang dari waktu ke waktu. Kini, ada perangkat wearable penerjemah yang bisa mengalih bahasakan percakapan secara real time. Perangkat ini dinamakan ili. Alat ini dipamerkan dalam Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas.

Dilansir dari Uber Gizmo, penggunaan perangkat ini cukup mudah. Anda hanya perlu menekan tombol pada perangkat ini. Tombol dirancang menyerupai sensor sidik jari pada iPhone. Perangkat ini bisa dikalungkan. Alhasil, ketika Anda memakai perangkat ini tampak seperti sedang mengenakan hiasan leher.

Anda tidak memerlukan wifi atau jaringan internet untuk menggunakan ili. Sebab, alat ini bekerja dengan mesin penerjemah built in yang bekerja dengan batabase. Untuk sementara, alat ini bisa menerjemahkan dalam bajas Inggris, Jepang dan Cina.

Nantinya, untuk generasi terbaru akan mampu bekerja dengan bahasa Prancis, Thailand dan Korea. Untuk generasi ketiga nantinya bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa Spanyol, Italia dan Arab. Perangkat ini akan mulai bisa dipesan pada bulan Maret atau April.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement