REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Meski hingga saat ini masih banyak pengembang yang memasarkan produknya melalui media cetak di tanah air, namun sejumlah kalangan properti tetap giat memasarkan produknya melalui media online.
Manajer Rumah123.com, Ignatius Untung beberapa waktu lalu menyebutkan di Australia, pengembang menyediakan hingga 80 persen anggaran promosinya untuk beriklan di media online. Terkait hal itu, jelang penghujung tahun 2015, kalangan industri properti berupaya memberikan penghargaan kepada konsumen melalui Consumber Choice Award 2015.
Selaku penggagas ajang tersebut, Rumah123.com berharap Consumer Choice Awards disiapkan untuk menjadi standar penghargaan pelaku industri properti kedepannya.
Ada beberapa fase penilaian selama 2 bulan dengan total 92 kategori hingga mendapatkan hasil akhir dengan mengangkat persepsi konsumen sebagai dasar penilaian. Dalam penghargaan ini, panitia menggandeng beberapa juri dari berbagai kalangan. Antara lain Cosmas Gozali (Arsitek), Sakti Makki (MakkiMakki Brand Consultant), Enda Nasution (Bapak Blogger Nasional), Armand Maulana (Selebritis/Konsumen) dan Ignatius Untung (Praktisi Marketing dan Country General Manager Rumah123.com).
Mereka melakukan penilaian untuk memilih nominasi, bukan memilih pemenang sebelum akhirnya dilempar kembali ke publik melalui voting secara online. Penghargaan ini merupakan refleksi kekuatan brand di industri ini.
Meski industri properti dikatakan cukup melesu sepanjang tahun ini, namun kenyataannya pengembang tetap agresif menawarkan projek mereka. Konsumen dihadapkan pada pilihan yang semakin banyak sehingga terkadang menjadi lebih sulit untuk menentukan pilihan. "Hasil ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi konsumen untuk memilih pengembang dan brand yang sesuai dengan mereka," Katanya.