Kamis 03 Dec 2015 16:44 WIB

Pepper, Robot Ini Bisa Diajak Ngobrol

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Dwi Murdaningsih
Pepper
Foto: Splash News
Pepper

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Pameran robot internasional di Jepang menampilakan aneka robot terbaru. Salah satu robot yang menarik adalah robot humanoid yang dapat berbicara dengan manusia. 

Dilansir dari Dailymail robot bernama Pepper dirancang untuk hidup bersama manusia. Pepper mampu berbicara dengan pengunjung pameran.

Pepper mampu membaca emosi dengan memberikan saran dan membuat pembicaraan kecil. Bulan lalu penjualan pertama telah habis 1000 robot Pepper. Wartawan Jepang Yuri Kageyama menghabiskan waktu 12 jam bersama Pepper. Dia merupakan salah seorang pelanggan pertama. 

Kemampuan yang paling menarik dilakukan oleh Lada adalah benar-benar mampu memberikan semangat. Kemampuan membaca emosi ternyata tidak selalu berdampak positif. SoftBank sebagai pencipta Pepper mendesak pelanggannya untuk tidak mengembangkan aplikasi agar robot melakukan tindakan kekerasan dan berbuat asusila. 

Mereka juga memamerkan robot tipe Actroid. Perusahaan Teknologi Kokoro merancang robot tersebut untuk menggantikan manusia dalam film dan TV.

Hampir 450 organisasi berpartisipasi dalam pameran yang dimulai sejak empat puluh tahun llau. Sebanyak 57 peserta berasal dari luar negeri seperti Prancis, Inggris, Rusia dan Korea Selatan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement