Ahad 22 Nov 2015 12:01 WIB

Lima Planet yang Mirip dengan Bumi

Perukyat menggunakan teleskop saat pemantauan hilal untuk menentukan 1 Ramadhan di Observatorium As-Salam, Sukoharjo, Jawa Tengah.
Foto: Antara/Andika Betha/ca
Perukyat menggunakan teleskop saat pemantauan hilal untuk menentukan 1 Ramadhan di Observatorium As-Salam, Sukoharjo, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, Para astronom terus menerus mengamati benda-benda langit hingga menemukan planet. Hampir 2.000 eksoplanet yang ditemukan, banyak planet yang memiliki ciri-ciri mirip seperi bumi. Para ilmuwan juga telah membuat indeks dari 0 sampai 1 untuk menentukan kemiripan dengan bumi. Earth Similarity Indeks (ESI) di atas 0,8 dapat dianggap sebagai planet yang mirip dengan bumi.

Andrew Norton, dari The Open University merangkum lima eksoplanet yang paling mirip dengan bumi. Dia menulis, planet yang paling mirip dengan bumi sekalipun mungkin tidak dapat mengdukung kehidupan sebab aktivitas bintangnya yang sangat berbeda dengan matahari. Perlu diketatahui, matahari adalah bintang. Bumi mengorbit kepada matahari.

Namun, menurut dia melihat laju penemuan planet, bukan tidak mungkin nantinya ilmuwan akan mendeteksi planet yang benar-benar memiliki massa mirip bumi, memiliki orbit sama dan mengorbit dengan bintang yang mirip dengan matahari.

Berikut planet-planet yang mirip dengan bumi seperti dilansir dari The Conversation:

1. Kepler 438b

Kepler 438b (ESI=0,88), planet ini memiliki indeks kemiripan tertinggi dengan bumi. Planet yang ditemukan tahun 2015 ini secara ukuran memiliki radius 12 persen lebih besar dari bumi. Planet ini mengorbit pada bintang yang berjarak 470 tahun cahaya dari bumi. Massa planet ini belum diukur, namun para ilmuwan memperkirakan hanya 1,4 kali lebih berat dibandingkan bumi. Planet ini diperkirakan memiliki suhu permukaan antara 0-60 derajat Celcius.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement