Rabu 09 Sep 2015 22:17 WIB

Mengenal Manfaat Mode High dan Esktrem di Opera Mini

Rep: c30/ Red: Dwi Murdaningsih
opera mini
Foto: google
opera mini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Opera Mini telah meluncurkan versi barunya, mode 'High' dan mode 'Ekstrim'. Versi baru Opera Mini ini memiliki fungsinya masing-masing.  Namun fungsi utama dari Opera Mini tetap tidak perubah sebagai browser yang pintar untuk urusan menghemat data, menghemat beterai, dan mengakses konten menjadi lebih cepat.

Kapan dan bagaimana kedua mode ini berkerja?

Pertama pada mode “high” maka Anda sedang menggunakan pilihan penghemat data Opera Turbo. Anda dapat menemukannya ketika Anda menekan huruf “O” (logo dariOpera Mini) di pojok kanan bawah layar smartphone Anda. Ketika Anda mengaktifkan mode Turbo, saat Anda menjelajahi web maka secara otomatis Opera Mini akan mengkompres  halaman menjadi lebih ringan dan hemat tanpa mengganggu aktifitas browsing Anda.

Misalnya, Anda membuka suatu halaman dengan data 11 MB, namun karena Anda mengaktifkan mode turbo Anda hanya menerima data 3,5 MB. Artinya, Anda  telah menghemat data hingga 68 persen.  Meskipun terkompres secara otomatis, ini sama sekali tidak mempengaruhi tampilan halaman. Jadi Anda tetap akan mendapatkan tamilan halaman seutuhnya, dan Anda tetap akan terhubung dengan situs halaman meskipun koneksi sedang tidak bagus. Mode ini cocok untuk situs jaringan 3G dan Wi-Fi.

Kedua, jika Anda mengaktifkan mode 'ekstrim' ini akan memberikan pengalaman bagi Anda untuk tetap dapat mengakses situs secara cepat namun menggunakan mobile data yang tetap irit. Biasanya, mode ini diaktifkan saat jaringan internet sedang terganggu atau sedang susah.

Akan tetapi, karena mode ekstrim, maka halaman yang Anda bukan pun akan terkompres secara ekstensif. Artinya, tampilan halaman web menjadi lebih sederhana dan dengan gambar beresolusi rendah.

“Bila membuka Facebook, pengguna dapat melihat perbedaan mode keduanya,” ujar Christian Uribe, Manager Produk Opera Mini di Opera Software, di Norwegia, Rabu (9/9).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement