Jumat 17 Jul 2015 05:18 WIB

H-2 Trafik Data XL Naik Sekitar 8 Persen

Menkominfo Rudiantara didamping Direktur Service Management XL, Ongki Kurniaawan, menyaksikan kondisi terakhir jaringan XL pada malam takbiran di  Jakarta Kamis (16/7)
Menkominfo Rudiantara didamping Direktur Service Management XL, Ongki Kurniaawan, menyaksikan kondisi terakhir jaringan XL pada malam takbiran di Jakarta Kamis (16/7)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Hingga H-2  Lebaran, terjadi kenaikan trafik penggunaan layanan data XL rata-rata sebesar 8  persen dari hari biasa. Kenaikan trafik data  relatif merata di berbagai kota seluruh Jawa.

Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan menyebutkan bahwa persentase kenaikan data signifikan akan terjadi pada H-1 dan pada hari H lebaran. '' Kenaikan akan terus terjadi saat Idul Fitri yang jatuh 17 Juli 2015 hingga beberapa hari setelahnya saat masyarakat dalam suasana libur panjang,'' kata Ongki saat mendampingi Menkominfo Rudiantara memantau trafik XL di Jakarta, Kamis malam (16/7).

Selain Jawa, kenaikan juga terjadi di beberapa daerah di luar Jawa. Di luar Jawa, kenaikan trafik yang signifikan biasanya terjadi di Medan, Banjarmasin, Padang & Makassar, dengan rata-rata kenaikan trafik data di atas 30 persen. Ongki memastikan bahwa jaringan XL akan mampu menghandle kenaikan trafik data, voice maupun sms.

''Dari pemantauan tingkat utilisasi baru sekitar 70-75 persen. Prediksi kami tingkat utilitas tertinggi sekitar 85 persen. Dengan kondisi yang ada saat ini kami sanggup menghandle kenaikan trafik dan memberikan pelayanan terbaik,'' kata Ongki.

Guna lebih memastikan kualitas layanan kepada pelanggan, pada tahun ini, XL juga mulai mengoptimalkan pemanfaatan metode Data Network Analytics untuk pembangunan jaringan dan fokus pada pelanggan. Metode ini mempermudah XL untuk melakukan prioritasasi pengembangan jaringan, lebih fokus kepada pelanggan  dan memudahkan identifikasi hubungan sosial antar pelanggan dan antar area.

Di sisi yang lain, XL akan semakin mudah mendeteksi perkembangan perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan XLtermasuk tentunya lokasi-lokasi di mana terjadi konsentrasi pelanggan yang sedang menggunakan berbagai jenis layanan.

Selain itu, ujar Ongki, XL juga akan dapat lebih optimal untuk dapat memberikan layanan yang lebih baik dengan penawaran value yang lebih sesuai dengan perilaku pelanggan tersebut, sehingga pelanggan dapat merasakan kesesuaian dan ketepatan antara kebutuhan dengan layanan yang diberikan, sehingga pada akhirnya dapat mendorong pelanggan untuk lebih aktif lagi dalam menggunaan layanan-layanan yang disediakan oleh XL.

Optimalisasi penggunaan metode network analytics ini sejalan dengan upaya XL saat ini untuk melakukan transformasi bisnis, dimana salah fokusnya meraih pelanggan yang produktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement