Ahad 05 Jul 2015 21:22 WIB

Lima Aplikasi Smartphone yang Bantu Hentikan Merokok

Rep: MGROL38/ Red: Yudha Manggala P Putra
Aplikasi samrtphone ini bantu Anda menghentikan kebiasaan buruk merokok.
Foto: Quit smoking/Quit Now
Aplikasi samrtphone ini bantu Anda menghentikan kebiasaan buruk merokok.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA -- Rokok merupakan ancaman yang dapat memicu timbulnya penyakit mematikan seperti jantung koroner, gangguan paru-paru, kanker, bahkan impotensi. Meski si perokok mengetahui bahaya yang ditimbulkan dari rokok, namun tetap saja kebiasaan tersebut tidak bisa dihilangkan karena sudah mengalami kecanduan.

Meski begitu, masih banyak cara agar kebiasaan merokok tersebut dapat dihilangkan atau setidaknya dikurangi. Bahkan kini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan perangkat smartphone.  

Seperti dikutip laman Phone Arena, Kamis (2/7), berikut lima aplikasi Android yang dapat Anda gunakan untuk membantu menghentikan kebiasaan merokok.

1. Quit for Life

Aplikasi ini dapat mengukur apa yang telah terjadi dalam tubuh Anda seperti seberapa putih gigi Anda, seberapa bersih kulit Anda, bahkan mengukur tingkat pernapasan Anda. Secara tidak langsung, aplikasi ini dapat memotivasi Anda akan kesehatan tubuh Anda.

2. Just Quit Smoking Hyperactive

Aplikasi menarik ini dapat mengukur statistik mengenai  berapa lama dan berapa uang yang telah Anda habiskan untuk membeli rokok. Bahkan, aplikasi ini juga dapat menghitung berapa banyak rokok yang Anda habiskan yang akan memperingatkan Anda setiap harinya!

3. Quit Smoking Slowly

Ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, Anda perlu berkomitmen dengan perencanaan harian mengenai seberapa cepat Anda berhenti dan seberapa banyak rokok yang Anda habiskan perharinya. Jika Anda melewati batas perencanaan yang telah ditentukan, siap-siap aplikasi akan menunjukkan warna merah yang berarti Anda telah melanggar komitmen.

4. Quit Smoking - Quit Now

Dari namanya saja aplikasi ini sudah menunjukkan bahwa Anda diharuskan untuk cepat berhenti merokok. Pasalnya, aplikasi ini dapat menghitung waktu serta uang yang Anda miliki sejak memutuskan untuk berhenti merokok. Dan voila! Anda akan mendapatkan bukan hanya uang Anda akan terkumpul lebih banyak, namun kesehatan Anda juga akan lebih baik.

5. Smoke Free

Sebagai contoh, aplikasi ini tidak hanya menunjukkan uang yang Anda miliki sejak berhenti merokok, namun juga dapat mengukur seberapa banyak waktu berharga dalam hidupmu yang dapat Anda bandingkan dengan ketika Anda belum berhenti merokok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement