Rabu 14 May 2014 20:23 WIB

Korek Api ini Bantu Anda Berhenti Merokok

Rep: Niken Paramita/ Red: Joko Sadewo
Tekad yang kuat dibutuhkan untuk bisa berhenti merokok.
Foto: Prayogi/Republika
Tekad yang kuat dibutuhkan untuk bisa berhenti merokok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghilangkan kebiasaan merokok bagi para pecandu rokok sering kali menjadi pekerjaan yang sulit. Seakan mengerti dengan permasalahan ini, perusahaan start-up Kickstarter menciptakan sebuah korek api yang mampu menyalakan rokok sekaligus melatih Anda berhenti merokok.

Menariknya, korek bernama Quitbit ini bekerja melalui sambungan internet. Produk yang dirilis Senin lalu ini menggunakan sejenis koil pemanas yang serupa dengan yang ada di dalam mobil.

Cara kerjanya mirip dengan perangkat pemantau kebugaran seperti yang selama ini sudah ada. Korek akan mencatat setiap kali Anda menyalakan korek dalam sebuah log aplikasi tertentu.

Dalam catatan tersebut pengguna bisa mengatur rencana seberapa banyak rokok yang ingin Anda hisap dan jarak waktu merokok. Dengan begitu Anda bisa melihat kapan terakhir merokok dan seberapa banyak Anda sudah merokok.

Tidak hanya itu, Quitbit juga mampu bekerja dengan rokok elektrik (e-cigarettes) yang dikembangkan oleh dua orang sahabat yang ingin berhenti merokok.  "Kuil dan saya sama-sama perokok dan kami bertemu ketika di sekolah dasar di Brown," ujar co-founder Ata Ghofrani dilansir Mashable (14/5).

"Saya mencoba untuk berhenti merokok ketika dia menanyakan seberapa banyak saya merokok dan saya sadar tidak ada cara yang baik untuk saya melacaknya (seberapa banyak merokok)," tambahnya.

Sebenarnya sudah banyak aplikasi yang ditawarkan bagi perokok yang ingin berhenti. Hanya saja Quitbit menjadi yang pertama yang menawarkannya dengan hardware khusus.

"Kami ingin sebuah hardware yang secara otomatis mencatat seberapa banyak Anda merokok, tanpa mencatatnya secara manual ke dalam sebuah aplikasi," tambah Ghofrani.

Meski begitu keputusan berhenti merokok tetap ada ditangan para perokok itu sendiri. Quitbit hanya berusaha mengingatkan dengan catatan merokok penggunanya. Dengan catatan merokok ini diharapkan bisa menyadarkan para perokoknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement