Senin 13 Apr 2015 16:21 WIB

XL Luncurkan Enterprise, Solusi untuk Pelanggan Korporat

Chief Digital Service Officer XL, Yessy D Yosetya
Chief Digital Service Officer XL, Yessy D Yosetya

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--XL memperkenalkan aplikasi Enterprise, suatu aplikasi yang dirancang untuk menjawab kebutuhan pelanggan korporat atas solusi yang komprehensif dan unik.

Menurut Chief Digital Service Officer XL, Yessy D Yosetya, mobilitas yang semakin tinggi disertai dengan bisnis proses yang tidak mudah sering menjadi faktor utama keterlambatan service delivery yang dialami suatu perusahaan.

''Berorientasi pada kebutuhan bisnis pelanggan korporat, melalui  XL Internet of Thing, kami telah menyiapkan empat solusi pada aplikasi Enterprise. Dengan solusi tersebut, setiap perusahaan dapat dengan mudah mengautomisasi pekerjaan manual dan mempercepat bisnis proses supply chain,” kata Yessy.

Yessy menambahkan, empat solusi dalam aplikasi Enterprise tersebut mencakup Manajemen Penjualan, Manajemen Inventori dan Pergudangan, Manajemen Survey, serta Manajemen Distribusi dan Canvasser. Pada fitur manajemen penjualan, solusi ini digunakan untuk meningkatkan fungsi tenaga penjual dalam mengakses kebutuhan pelanggan serta target penjualan. Selain itu solusi ini dapat meningkatkan waktu response dari penyediaan kebutuhan pelanggan.

Pada solusi manajemen inventori dan pergudangan, solusi ini dirancang khusus untuk perusahaan dalam mengelola kegiatan operasional gudang, mulai dari pencatatan barang masuk hingga barang tersebut keluar dari gudang. Aplikasi ini menggunakan sistem Barcode untuk mempermudah pekerjaan di lapangan.

''Dengan demikian, pelanggan akan mudah dalam mengelola data inventori barang seperti serial number, expiry date, batch melalui berbagai macam metode prosedur (First in First Out atau First Expired First Out),'' kata Yessy.

Pada solusi manajemen survei, layanan ini dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa survei maupun perkreditan dalam memperoleh informasi dari pelanggannya. Tenaga lapangan dapat dengan mudah mengumpulkan data responden atau nasabah dan mengirimkan informasi tersebut secara real time ke pusat sistem data perusahaan.

Terakhir, pada solusi manajemen distribusi dan canvasser, solusi merupakan gabungan dari manajemen inventori serta manajemen penjualan, di mana penggunaannya untuk mengelola seluruh pelanggan perusahaan, termasuk menentukan pedoman kunjungan tenaga penjual (call plan atau route plan) maupun kurir pengantar barang.

Selain memberikan kecepatan, aplikasi ini juga beroperasi di sistem operasi Android yang memudahkan pelanggan untuk menggunakannya di berbagai jenis perangkat ponsel. Peningkatan kinerja beberapa fungsi departemen dalam perusahaan, seperti fungsi penjualan, fungsi inventori dan logistik, maupun fungsi distribusi, dapat diraih dengan adanya aplikasi ini. Selain itu, manajemen dapat memonitor penjualan untuk membantu mengukur KPI maupun target dari tenaga penjual.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement