Senin 02 Feb 2015 04:26 WIB

Ini Kunci Sukses Apple Ladeni Samsung

Rep: c78/ Red: Agung Sasongko
Samsung VS Apple
Foto: Digital Trends
Samsung VS Apple

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Berdasarkan rilis Counterpoint Technology Market Research, iPhone terbaru Apple juga telah mendorong penjualan Apple hampir dua kali lipat sehingga pangsa pasarnya di Cina menjadi 17 persen. Capaian itu meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 9 persen.

Situasi tersebut membuat Apple merebut posisi Samsung sebagai peraih pangsa pasar ponsel cerdas terbesar di dunia, di mana Samsung saat ini berada di peringkat lima atau 9 persen dalam penjualannya. Selain itu, Apple juga makin menggeser Xiaomi yang pada kuartal ketiga 2014 mengambil alih kepemimpinan dari Samsung.  

Samsung terus menghadapi persaingan keras dari Apple untuk porsi kelas atas dari pasar ponsel cerdas, dari Huawei di kelas menengah, dan dari Xiaomi dan pemain lain di kelas pemula. Demikian berdasarkan ulasan Strategy Analytics di lamannya, Kamis (29/1).

Apple baru saja melaporkan laba bersih yang melonjak 38 persen untuk kuartal pertama tahun fiskal 2015 atau triwulan yang berakhir Desember 2014. Sedangkan di waktu yang sama, laba Samsung anjlok 27 persen. "Samsung mungkin harus mempertimbangkan untuk mengakuisisi pesaingnya, misalnya BlackBerry, dalam rangka merevitalisasi pertumbuan tahun ini,” kata ulasan tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement