Senin 02 Feb 2015 03:58 WIB

Persaingan Samsung dan Apple Kian Ketat dan Panas

Rep: c78/ Red: Agung Sasongko
Samsung vs Apple
Foto: scoop.it
Samsung vs Apple

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar ponsel pintar kian ketat dan panas. Produsen ponsel asal Korea, Samsung perlu bekerja ekstra keras menghadapi gempuran kompetitornya.

Di akhir tahun 2014, Samsung secara mengejutkan mampu digoyang Apple. Tidak ada yang menyangka, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus mampu menandingi hegemoni samsung.

Firma riset Strategy Analytics menyebut, pada kuartal IV 2014 Apple dan Samsung sama-sama berhasil menjual 74,5 juta ponsel dan menguasai 19,5 persen pangsa pasar, membuat kedua perusahaan berhak atas tahta penguasa pasar ponsel cerdas.

Sementara, tempat ketiga diduduki Lenovo Group dengan 6,5 persen pangsa pasar setelah merampungkan akuisisi atas Motorola Mobility yang dibelinya dari Google. Xiaomi tergusur tiga langkah dan kini menduduki ranking enam setelah Huawei dan LG Electronics.

Dilansir Bloomberg, Huawei berhasil menjual 24,1 juta unit ponsel atau hanya selisih 600 ribu unit dari Lenovo. Maka secara keseluruhan, pasar ponsel cerdas global tumbuh pesat 31 persen dengan 380 juta unit produk terjual pada kuartal keempat dan sepanjang tahun mencapai rekor baru yakni 1,3 miliar unit.

“Lenovo-Motorola dan Apple dengan cepat bisa menggenjot penguasaannya di Cina dan seluruh dunia,” kata direktur eksekutif Strategy Analytics kata Neil Mawston kepada BloombergBusiness. Karenanya, lanjut dia, Xiaomi akan semakin tergerus dan era keemasannya akan segera berakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement