Rabu 24 Dec 2014 09:32 WIB

Tahun Depan, Asia Pasifik Pimpin Dunia Mobile

Rep: cr05/ Red: Agung Sasongko
Ponsel
Foto: VOA
Ponsel

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Head of Facebook di Indonesia Anand Tilak menyebut pada 2015, Asia Pasifik dimungkinkan akan memimpin dunia mobile. Asia Pasifik menurutnya adalah kawasan utama untuk pertumbuhan.

“Indikasi terhadap seberapa besar pertumbuhan kawasan kita ini terlihat dari laporan pendapatan terbaru. Asia melihat 28 persen pertumbuhan menjadi 242 juta berdasarkan Daily Active People (DAP) atau orang pengakses Facebook setidaknya satu kali dalam sehari,” kata Anand dalam keterangan tertulis pada ROL, Rabu (24/12).

Sementara sebesar 21 persen untuk Monthly Active(MAP) atau orang yang mengakses Facebook setidaknya sekali dalam sebulan dengan 426 juta. Ia menjelaskan, Asia Pasifik, kawasan yang terdiri dari banyak negara dengan beragam budaya ini juga merupakan rumah bagi dua per tiga populasi dunia dan diperkirakan akan tumbuh menjadi kawasan dengan pengguna internet terbesar di masa mendatang.

Tidak hanya itu, Asia Pasifik juga merupakan kawasan mobile first, di mana sebagian besar pengguna internet pertama kali terkoneksi melalui perangkat mobile. Sebagian besar orang di Asia Pasifik seperti India dan Indonesia dengan pengguna aktif Facebook per bulan mencapai lebih dari 112 juta untuk India dan lebih dari 71 juta untuk Indonesia.

Di mana feature phone lebih menjamur dibandingkan smartphone. “Dan pengalaman internet pertama mereka adalah Facebook,” kata dia. Dilanjutkannya, baik di Indonesia, Thailand atau Filipina, kita akan melihat setiap orang tidak lepas dari ponsel mereka masing-masing. Asia Pasifik juga menjadi kawasan dengan pasar penjualan ponsel terbesar dunia, mencapai 2,6 milyar pengguna di tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement