Jumat 08 Aug 2014 14:09 WIB

Riset: Generasi Muda Ciptakan Cara Baru Berkomunikasi

Rep: cr01/ Red: Agung Sasongko
Komunikasi berbasis teks (ilustrasi)
Foto: Antara
Komunikasi berbasis teks (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Penggunaan perangkat pintar di kalangan remaja terus meningkat, seiring dengan maraknya kehadiran smartphone. Hasil riset Ofcom di Inggris mengungkapkan anak-anak usia 12-15 adalah kelompok yang paling cerdas di bidang teknologi dan komunikasi.

Hasil penelitian menunjukkan sembilan dari 10 anak atau 88 persen anak usia 16-24 tahun sudah memiliki smartphone. Atau setara dengan 14 persen diantara mereka yang berusia 65 tahun ke atas.

“Anak muda terpaku pada smartphone mereka selama 3 jam 36 menit setiap hari sementara orang dewasa hanya 1 jam 22 menit, hampir 3 kali lipat,” ujar tim peneliti Ofcom yang dilansir The Inquirer, Jumat (8/8).

Yang menarik, generasi ini membawa kebiasaan baru dalam pola komunikasi. Jika orang dewasa lebih senang dengan komunikasi suara (telepon), generasi muda ini justru lebih senang dengan komunikasi berbasis teks.

Dari hampir 2.000 orang dewasa dan 800 anak yang disurvei menyatakan hanya tiga persen waktu yang mereka habiskan untuk telepon sementara 94 persen lainnya mengaku menggunakan aplikasi pesan singkat dan jejaring sosial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement