Kamis 26 Jun 2014 19:47 WIB

Wah.. Astronot Bakal Bisa 'Ngopi-Ngopi' di Luar Angkasa

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Citra Listya Rini
Astronot Cina
Astronot Cina

REPUBLIKA.CO.ID, Tak lama lagi astronot bisa mencicipi sensasi ngopi di luar angkasa. Astronot di International Space Station (ISS) akan mendapatkan mesin yang memungkinkan mereka menikmati kopi espresso pada November mendatang.

Adalah Kapten Samantha Cristoforetti, astronot wanita pertama Italia yang  akan bergabung dengan kru ISS akhir tahun ini. Dialah yang akan membawa kado yang sangat spesial bagi rekan-rekannya sesama astronot. 'ISSpresso', nama mesin pertama yang dirancang untuk membuat kopi di luar angkasa.

Mesin ini diciptakan oleh Lavazza, produsen kopi yang cukup terkenal di Italia, bekerjasama dengan Badan Antaraiksa Italia, dan Argotec, perusahaan dirgantara di Italia. Untuk bisa membuat kopi yang enak di ruang tanpa gravitasi, mereka merancang tabung baja yang dirancang untuk menahan tekanan hingga 400 bar.

Berdasarkan hasil penelitian, untuk membuat kopi yang bisa dinikmati di luar ngkasa, diperlukan  tabung plastik yang mampu menahan tekanan hingga sembilan bar.

Bagaimana cara meminumnya? Apa mungkin bisa minum di ruang tanpa gravitasi? Mereka juga telah mengatasi masalah ini. Semua kopi akan disajikan dalam kantung kecil dan dinikmati melalui sedotan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement