Kamis 15 May 2014 07:07 WIB

Flappy Bird Bakal Dirilis Ulang dengan Fitur Multiplayer

Flappy Bird
Foto: gears
Flappy Bird

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar baik bagi penggemar game Flappy Bird. Aplikasi yang sempat dicabut peredarannya dari toko aplikasi ini rencananya bakal dirilis ulang dalam waktu dekat.

Don Nguyen, pembuat Flappy Bird, mengungkapkan hal tersebut dalam sebuah wawancara eksklusif dengan CNBC, Rabu (14/5).

Nguyen mengatakan dalam peluncuran ulang tersebut, yang kemungkinan bakal dilakukan Agustus mendatang, ia juga bakal menghadirkan fitur multiplayer. Dengan fitur baru ini pengguna nantinya bisa beradu kemampuan dengan pemain lain secara real time. Ia juga menambahkan kalau permainan buatannya ini sudah dikurangi kadar 'candu'-nya.

Flappy Bird dirilis pertama kali untuk perangkat berbasis sistem operasi iOS pada 24 Mei 2013. Dong mengaku membuat game ini dalam waktu dua atau tiga hari. Game ini sebenarnya tergolong sederhana, termasuk dari segi grafis. Hanya saja untuk memainkannya memang tidak mudah, bahkan cenderung menjengkelkan.

Pada awal 2014 game ini mendadak melejit. Ia menjadi game paling banyak diunduh di toko aplikasi online App Store. Versi untuk perangkat Android pun belakangan hadir. Laporan terakhir menyebutkan game ini sudah diunduh hingga 50 juta kali sejak Mei 2013 (sekadar catatan, pengguna yang sudah mengunduh game ini masih bisa memainkannya). Pendapatan dari iklan di game ini juga tergolong fantastis, 50.000 dollar AS (sekitar Rp 600 juta) per hari.

Namun bergelimang uang dan popularitas tak lantas membuat Dong Nguyen senang. Ia malah mengaku tertekan karenanya. Nguyen pun secara mengejutkan memutuskan untuk mencabut Flappy Bird dari peredaran pada 10 Februari 2014. Salah satu alasan pencabutan karena game ini diklaimnya membuat banyak orang kecanduan dan membuat hidupnya tidak tenang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement