Kamis 08 May 2014 07:32 WIB

Tiranosaurus Rex Ini Dinamakan Pinokio

Rep: Ani Nursalikah/Dwi Murdaningsih/ Red: Mansyur Faqih
Tengkorak Pinocchio rex
Foto: PA
Tengkorak Pinocchio rex

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu jenis baru Tiranosaurus berhidung panjang diberi julukan Pinocchio rex. Karnivora ganas ini merupakan sepupu Tiranosaurus rex. 

Hewan tersebut memiliki hidung keras sepanjang sembilan meter. Kerangkanya digali dari sebuah lokasi konstruksi di Cina. Sedangkan identifikasi dilakukan oleh ilmuwan di Edinburgh University, Inggris. 

Seperti dikutip BBC dari Nature Communications, Rabu (7/5) predator berusia 66 juta tahun itu secara resmi diberi nama Qianzhousaurus sinensis. Pinokio terlihat berbeda dari Tiranosaurus lainnya. 

"Mereka mempunyai gigi seperti T rex, tapi hidungnya keras dan ramping dengan sederet tanduk di atasnya. Sedikit terlihat lucu, tapi dia sama mematikan seperti Tiranosaurus lain," ujar Steve Brusatte dari Edinburgh University

Julukan itu diberikan karena hidungnya yang panjang mengingatkan ilmuwan pada tokoh boneka kayu Pinokio. Peneliti kini berpikir beberapa jenis Tiranosaurus hidup dan berburu berdampingan di Asia selama periode Krustasea. Tiap jenis memangsa jenis hewan yang berbeda. 

Giginya yang kecil dan ringan menunjukkan dia memangsa hewan yang lebih kecil, seperti kadal dan dinosaurus berbulu. Meski demikian, hewan ini tergolong karnivora raksasa. 

Hidung Pinokio 35 persen lebih panjang dibandingkan dinosaurus lain dengan ukuran yang sama. Namun, peneliti belum mengetahui mengapa dia memiliki hidung yang panjang. 

Brusatte memuji temuan itu sebagai salah satu barang langka. Para ahli menyimpulkan spesimen baru itu merupakan hewan yang mendekati dewasa. ditemukan utuh dan sangat terawat.

"Ini adalah spesimen mengagumkan, kerangkanya hampir lengkap. Ini penemuan yang sangat langka," ujar dia kepada Guardian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement