Kamis 10 Apr 2014 19:33 WIB

Windows XP Setop Didukung, Penjualan PC Meningkat

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Yudha Manggala P Putra
Windows XP.
Windows XP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berhentinya dukungan untuk sistem operasi Windows XP ternyata malah mendongkrak keuntungan bagi produsen PC. Lembaga riset Gartner dan IDC melaporkan terjadi peningkatan besar dalam pengiriman PC pada kuartal pertama lantara konsumen ingin menggantikan komputer XP dengan versi terbaru.

Namun kedua kelompok tersebut seperti dilansir Engadget (10/4), mencatat lonjakan tersebut hanya meningkatkan kelesuan penjualan PC dan tidak membalikkan masa kejayaan PC. Jumlah penjualan PC terus mengalami penurunan dari 1,7 persen menjadi 4,4 persen dari tahun ke tahun.

Market share terbesar di pemain PC dimiliki oleh Lenovo, Dell dan HP. Sedangkan pukulan besar dihadapi Acer yang merupakan perusahaan kecil. Penurun diyakini karena kehadiran PC tablet yang semakin menjamur. Meski begitu Gartner percaya pasar ketenaran tablet saat ini tidak sepenuhnya mempengaruhi pasar PC.

Gartner mengharapkan dengan dimatikannya XP bisa mendongkrak penjualan PC selama 2014. Berbeda dengan Gartner, IDC justru tidak terlalu optmis akan penjualan PC. Meskipun penjualan tablet perlahan menurun itu tidak akan mengantisipasi perubahan komputer ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement