Senin 03 Mar 2014 20:12 WIB

Apple Umumkan CarPlay, Penghubung iPhone ke Mobil

CarPlay
CarPlay

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Perusahaan teknologi Apple akhirnya mengumumkan secara resmi sistem yang menghubungkan iPhone ke perangkat hiburan digital dalam mobil. Namanya adalah CarPlay dan kini ia sudah terintegrasi dengan kendaraan terbaru milik Ferrari, Mercedes-Benz, dan Volvo.

Seperti dilansir Re/code, sejumlah pembuat mobil lain juga memastikan bakal segera menggunakan CarPlay. Mereka adalah BMW, Ford, General Motors, Honda, Hyundai, Jaguar Land Rover, Kia, Mitsubishi, Nissan, Subaru, Suzuki dan Toyota.

“CarPlay telah didesain dari nol untuk memungkinkan pengguna pengalaman menakjubkan menggunakan iPhone di mobil," ungkap Vice President Apple, Greg Joswiak dalam peluncurannya di Jenewa Swiss, Senin (3/3).

"Pengguna iPhone selalu ingin mengakses konten mereka dengan praktis dan CarPlay memungkinkan pengguna menggunakan iPhone mereka di mobil dengan sedikit gangguan. "

Rencana Apple untuk menyediakan sistem penghubung iPhone ke mobil memang sudah diumumkan sejak tahun lalu di Barcelona. Saat itu mereka menjulukinya dengan nama "iOS in the Car".

CarPlay, yang menggunakan fitur Siri, memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon, mendengarkan voice mail dan mendengar peringatan pesan masuk. Pengendara juga bisa memanfaatkan fitur peta pada iPhone melalui layar pada dashboard mobil. Pada sisi audio, CarPlay memunginkan speaker di mobil memutar lagu dari radio iTunes, podcast, dan beberapa aplikasi seperti Spotify and iHeartRadio.

Sayangnya, Apple mengatakan hanya iPhone bersistem operasi iOS 7 dengan dukungan kabel lightning saja yang bisa tersambung dengan CarPlay. Itu artinya hanya pengendara pemilik iPhone 5 ke atas saja yang bisa menggunakannya.

Langkah Apple ini memang bukan terobosan baru di industri otomotif. Sebelumnya beberapa perusahaan teknologi, seperti Microsoft dan BlackBerry, sudah memiliki sistem yang mampu menghubungkan smartphone ke sistem hiburan dalam mobil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement