Senin 18 Nov 2013 22:08 WIB

Lima Hal yang Bikin Pemain 'Candy Crush' Ketagihan

Rep: Friska Yolandha/ Red: A.Syalaby Ichsan
Candy Crush
Foto: play.google.com
Candy Crush

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Candy Crush disebut-sebut sebagai gim yang membuat pemainnya menjadi sangat adiktif. 

Survei yang dilakukan Ask Your Target menunjukkan, Candy Crush sangat adiktif. Padahal di dunia ini ada lebih dari jutaan permainan.

Survei menyebutkan, 32 persen pemain mengabaikan teman-teman dan keluarga demi permainan ini. Sebanyak 28 persen memainkan selama jam kerja, 10 persen mengaku bermain sangat lama, dan 30 persen mengaku kecanduan.

Apa sih yang membuat orang-orang sangat kecanduan dengan game ini? Berikut alasannya, dikutip laman Time.

1. Belajar menunggu

Elemen paling jenius dari Candy Crush adalah kemampuannya membuat pemain menunggu. Si pemain diberi kesempatan lima peluang hidup untuk menyelesaikan satu level permainan. Jika kehabisan nyawa, pemain harus menunggu 30 menit untuk bisa kembali beraksi. Jika tidak sabar, pemain bisa membeli nyawa. Dari sinilah perusahaan pembuat Candy Crush membukukan pendapatan. Pendapatannya tidak sedikit. Estimasi perusahaan analisis game, Gaming, memperkirakan pendapatan harian King mencapai 875 ribu dolar per hari, jauh lebih besar dibandingkan dengan game Angry Bird yang hanya 6.381 dolar AS per hari.

2. Pemain Kecanduan dengan 'pujian manis'

Jika pemain mendapatkan empat permen yang jenisnya sama, keempatnya akan menghilang dan permen di atasnya akan turun. Jika permen tersebut membentuk pola yang sama, pemain akan mendapatkan bonus yang disertai suara yang mengatakan 'sweet' atau 'delicious'. Pemain sangat kecanduan untuk mendapatkan kata-kata tersebut, yang membuatnya tidak ingin berhenti bermain.

3. Pemain bisa memainkannya dengan satu tangan

Permainan ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik di kantor, ruang tunggu dokter, di kereta, di mobil, bahkan di kamar mandi. Pemain juga bisa melakukan kegiatan lain karena hanya memerlukan satu tangan. Permainan ini tidak ada limit waktu yang membuat pemain terburu-buru.

4. Menyentuh batin masa kecil

Siapa yang tidak suka permen? Meskipun setelah dewasa banyak yang menghindari permen, setidaknya setiap manusia pernah merasakan permen dan menyukainya. Permainan ini seolah-olah membawa pemainnya ke dalam dunia permen yang penuh warna. 

5. Permainan untuk relaksasi

Menyusun permen dengan lagu ceria diyakini akan membuat pemain Candy Crush melupakan keresahan dan perasaan tidak nyaman yang mereka rasakan sebelum bermain. Sehingga pemain akan terus merelaksasi diri dengan permainan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement