Senin 07 Oct 2013 20:03 WIB

Teliti Sistem Transportasi Sel, Tiga Orang Dihadiahi Nobel

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Tiga orang peraih nobel di bidang kedokteran 2013
Foto: AP
Tiga orang peraih nobel di bidang kedokteran 2013

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Dua warga Amerika Serikat (AS) James Rothman dan Randy Schekman serta pria kelahiran Jerman Thomas Sudhof mendapat nobel bidang kedokteran untuk penelitian tentang bagaimana sel mengatur sistem transportasi. Trio tersebut bekerja di universitas di AS. 

Komite Nobel memberi penghargaan kepada mereka atas temuan mengenai pengaturan lalu lintas vesikel, sistem transportasi utama di sel. Pengumuman pemenang dilakukan di Stockholm, Swedia, Senin (7/10). 

Penelitian mereka membantu menjelaskan proses beragam, seperti pelepasan insulin ke dalam darah, komunikasi antara sel-sel saraf, dan cara virus menginveksi sel. Schekman mengatakan hadiah itu merupaka pengakuan yang indah dari pekerjaannya dan siswanya. 

Dia mengaku penghargaan itu akan mengubah hidupnya. "Saya menelepon manajer laboratorium saya...dan berharap merayakan dengan laboratorium," ujarnya dikutip BBC

Pengumuman pemenang nobel akan terus dilakukan pada pekan ini. Termasuk untuk bidang fisika, kimia, sastra, perdamaian, dan ekonomi. Setiap hadiah bernilai 1,2 juta dolar AS. 

Didirikan oleh industrialis Swedia, Alfred Nobel, hadiah nobel diberikan oleh komite di Stockholm dan Oslo sejak 1901. Pemenang menerima penghargaan pada 10 Desember, ulang tahun kematian Nobel pada 1896. 

Tahun lalu, nobel bidang kedokteran diberikan kepada warga Inggris John Gurdon dan Jepang, Shinya Yamanaka atas kontribusi mereka dalam ilmu stem sel. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement