Kamis 29 Aug 2013 15:09 WIB

Kehidupan di Bumi Berasal dari Mars?

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Foto Planet Mars diambil dari Spirit Rover milik NASA (Ilustrasi
Foto: NASA
Foto Planet Mars diambil dari Spirit Rover milik NASA (Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, FLORENCE -- Kabar terbaru diungkapkan para ilmuwan yang memperkirakan kehidupan dimulai dari Mars sebelum dibawa ke bumi. 

Penelitian baru ini mendukung gagasan bahwa planet merah itu merupakan tempat yang lebih baik untuk memulai kehidupan biologis miliaran tahun lalu daripada awal bumi. 

Bukti tersebut berdasarkan bagaimana molekul utama pertama yang mendukung kehidupan dibentuk. Dalam laporan BBC, Kamis (29/8), dikatakan rincian teori tersebut dijelaskan Profesor Steven Benner di pertemuan Goldschmidt di Florence, Italia. 

Ilmuwan telah lama penasaran bagaimana atom pertama bersama untuk membentuk tiga komponen komponen penting di kehidupan organisme: RNA, RNA, dan protein. 

Molekul yang bersama membentuk materi genetik lebih rumot dibandingkan organik pre-biotik yang ada di bumi lebih dari tiga miliar tahun lalu, dan RNA dinilai merupakan yang kali pertama tampak. 

Dengan penambahan energi seperti panas dan cahaya dalam molekul tidak menghasilkan RNA. Namun, hal itu menghasilkan noda. RNA butuh dibentuk dengan tempale atom pada permukaan kristal mineral. 

Mineral yang paling efektif dalam template RNA akan terlaurt dalam lautan awal Bumi. Benner mengatakan RNA pasti lebih banyak di Mars. Hal itu bisa menunjukkan bahwa kehidupan di mulai di Mars sebelum dibawa ke bumi pada meteorit.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement